Tips Ibu Hamil Mudah Melahirkan Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Advertisement
Bagi ibu-ibu muda yang baru saja akan menimang bayi, tips ibu hamil mudah melahirkan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui. Selain untuk mengurangi rasa nyeri, tips-tips yang berhubungan dengan kemudahan saat melahirkan juga memberikan perasaan tenang pada ibu-ibu yang merasa khawatir dan takut menjelang proses persalinan. Dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana melakukan aktivitas dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk membantu ibu pada proses melahirkan, ibu hamil akan lebih merasa tenang dan siap menghadapi proses persalinan.

Langkah 1: Ketahui, Kenali, dan Pahami
tips ibu hamil mudah melahirkan

Hal yang paling utama untuk para ibu sebelum menjalankan proses persalinan adalah mengetahui tahapan persalinan itu sendiri. Untuk lebih jelasnya ibu bisa menanyakan pada dokter atau bidan secara langsung mengenai tahapan proses kelahiran secara normal. Selain tahapan, ibu hamil juga perlu mengetahui teknik melahirkan, khususnya untuk teknik mendorong, mengejan, dan mengatur pernapasan.

Dengan mamahami hal tersebut, ibu hamil juga akan paham bahwa melahirkan bukan merupakan sebuah proses yang menyakitkan, melainkan sebuah proses alami yang dilalui oleh semua ibu. Setelah mengetahu tahapan, teknik, dan proses kelahiran, ibu hamil juga perlu mengenali dokter dan perawat-perawat di lingkungan rumah sakit dengan baik agar tercipta rasa nyaman dan aman saat melahirkan. Hal ini akan memberikan efek positif pada tubuh.

Langkah 2: Tetap Aktif

Dalam keadaan hamil, ibu harus tetap aktif bergerak, tetapi bukan berarti bergerak secara berlebihan. Aktif bergerak bisa dilakukan dengan cara berjalan-jalan kecil, terutama pada saat kontraksi belum memuncak. Pada saat itu, ibu memiliki waktu untuk melakukan jalan-jalan kecil yang akan sangat membantu pada proses persalinan. Hal ini akan mendorong janin untuk masuk ke jalur lahir dan menempati posisi yang tepat atau yang disebut dengan optimal fetal positioning (OFP).

Langkah 3: Dukungan Suami, Keluarga, Musik, hingga Cuplikan Film

Dukungan suami dan keluarga sangat berarti bagi proses persalinan. Pijatan yang lembut dari suami pada daerah punggung akan memberikan sensasi berupa rasa nyaman yang akan membuat emosi lebih tenang. Dengan adanya nuansa rasa nyaman, rasa sakit akan berkurang dan membuat proses persalinan tidak begitu menyakitkan. Selain itu, mendengarkan musik dan menonton cuplikan film yang memiliki kesan tenang dan indah juga akan memeberikan efek rileks pada otot, sehingga mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Setiap rasa sakit yang diderita para ibu hamil memang berbeda-beda, namun percayalah bahwa semua kesusahan tersebut akan terbalaskan dengan senyuman dan tangisan dede bayi tersayang saat melahirkan. Jalanilah rutinitas keseharian kala mengandung dengan aktivitas yang menyehatkan raga dan pikiran.Buang jauh perasaan stress dan tidak bersemangat, selalu tanamkan diri bahwa mempunyai anak adalah impian terbesar bagi seorang wanita mulia. Sekian pelajaran mengenai tips ibu hamil mudah melahirkan ini, semoga proses kelahiran bayi Anda menjadi lancar dan berbahagia!

0 Response to "Tips Ibu Hamil Mudah Melahirkan Untuk Mengurangi Rasa Sakit"

Poskan Komentar