5 Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil

Advertisement
Ada 5 cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil yang mudah untuk dilakukan di rumah para bunda. Susah tidur merupakan salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil, terutama saat perut ibu mulai membesar. Dalam keadaan ini, ibu sering  merasa tidak enak badan dan tidak nyenyak saat memejamkan mata. Ditambah lagi, biasanya masa hamil juga menyebabkan ibu berkali-kali harus buang air kecil di malam hari, sehingga sangat menganggu kenyamanan saat tidur. Sebenarnya, jika disiasati dengan beberapa langkah sederhana, ibu hamil bisa mengatasi masalah susah tidur.


posisi tidur ibu hamil yang baik
gambar posisi tidur  ibu hamil
1. Atur Posisi Tidur Senyaman Mungkin

Saat hamil tua, ibu biasanya kesulitan mengatur posisi tidur, sehingga merasa tidak nyaman saat mulai memejamkan mata. Karena itulah, ibu hamil perlu mengetahui posisi yang tepat saaat tidur. Posisi tidur untuk wanita hamil yang dianjurkan adalah berbaring menghadap ke samping dengan ganjalan bantal di bagian punggung. Selain nyaman, posisi ini juga bisa melancarkan aliran darah dan nutrisi ke bagian plasenta.

2. Lakukan Kegiatan Lain Saat Tidak Bisa Tidur

Saat ibu merasa benar-benar tidak bisa tidur, lakukanlah kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran. Kegiatan tersebut bisa berupa membaca, mandi air hangat, menulis, merajut, atau mendengarkan musik. Kegiatan-kegiatan tersebut justru akan membuat ibu merasa nyaman dan mulai mengantuk. Namun, jangan pernah mencoba kegiatan yang justru membuat Anda semakin antusias dan tidak bisa tidur seperti bermain game yang menghibur, membuka media sosial sejenak, menonton film yang lucu, maupun juga membaca berita yang ringan.

3. Minum Susu Hangat

Pilihlah susu khusus ibu hamil mengandung asam animo tryptophan, karena kandungan ini sangat membantu ibu hamil untuk beristirahat dengan cukup. Di dalam otak, kandungan tersebut mampu bekerja untuk menambah kadar serotonin yang bisa membuat ibu hamil bisa tidur nyenyak.

4. Biasakan Berolahraga

Olahraga ringan setiap hari bisa memberikan manfaat tidur yang nyenyak di malam hari. Meski demikian, jangan mencoba olahraga yang terlalu berat atau dalam waktu yang terlalu lama. Cukup lakukan yoga atau jalan-jalan di pagi hari selama 30 menit. Selain membuat tubuh sehat, udara di pagi hari juga sangat baik bagi kondisi ibu hamil.

5. Jangan Banyak Minum di Malam Hari

Ibu hamil sering merasa ingin buang air kecil di malam hari, sehingga waktu istirahat menjadi terganggu. Karena itulah, kurangi konsumsi air putih di malam hari dan alihkan konsumsi air putih untuk mencukupi cairan di pagi dan siang hari.

Tidur merupakan kebutuhan pokok juga bagi para wanita hamil, oleh karena itu dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara teratur agar tidur berkualitas dapat diperoleh dengan mudah. Demikianlah sharing kesehatan ibu hamil kita kali ini dan selamat beristirahat bunda!

0 Response to "5 Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar