5 Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Advertisement
Trimester kehamilan 3 adalah saat yang paling menegangkan sekaligus penantian panjang sang bunda akan kelahiran sang jabang bayi. Pada periode penting ini disarankan ibu hamil melakukan segala persiapan bagi proses kelahiran buah hati. Nutrisi-nutrisi penting harus di penuhi agar proses kelahiran bayinya lancar dan normal.

Usia kehamilan sudah melewati trimester 2, berarti janin sudah berumur 7 bulan, sangat ajaib penciptaan Tuhan pada pembentukan semua anggota badan bayi yang sudah sempurna terbentuk di periode ini. Wanita hamil harus selalu mawas diri terhadap kesehatan dirinya dan janinnya, karena bisa saja bayi akan lahir prematur. Makanan sehat ibu hamil trimester 3 harus selalu mendapatkan perhatian besar, disebabkan pertumbuhan janin ketika periode ini sangat signifikan.

Ibu hamil pada masa kehamilan trimester 2 menambah konsumsi makanan dengan ukuran antara 350-450 kalori setiap hari, maka untuk kehamilan trimester terakhir akan mengkonsumsi tambahan makanan dengan kandungan 450-550 kalori per hari.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester 3
Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil Trimester 3
Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan terbaik bagi wanita hamil usia 7 bulan ke atas :

1. Buah Pepaya Baik Bagi Kehamilan Trimester 3

Buah pepaya yang besar, murah, mani dan menyegar ternyata mempunyai kandungan vitamin C, serat, potassium, dan folat, yang semua itu sangat baik untuk meredam rasa panas dan heartburn pada perut bunda. Perhatian ! Bunda hanya boleh makan pepaya yang sudah masa, karena pepaya muda atau mentah masih terdapat getah pepsin yang akan mempercepat proses kontraksi.

2. Kacang-Kacangan Konsumsi Penting Masa Kehamilan Trimester Ketiga

Makanan berbahan kacang-kacangan sangat efektif untuk meringankan rasa ketidaknyamanan yang kadang-kadang akan menyerang ibu hamil ketika pada masa kehamilan trimester 3. Kandungan kacang-kacangan yaitu serat, protein dan lemak yang akan meningkatkan kualitas kesehatan jantung. Kacang-kacangan semisal kacang mede, almond, dan kenari bisa menjadi camilan andalan bagi wanita hamil, karena makanan ringan ini mudah diserap oleh tubuh.

3. Ikan Adalah Sumber Omega-3 Untuk Kehamilan Trimester Tiga

Ikan yang banyak lemak semisal sarden, tuna, salmon, dan mackerel ternyata kaya akan omega-3 yang menjadi nutrisi kesehatan otak dan jantung bunda sekaligus janin tercinta. Para dokter menyarankan akan konsumsi ikan lemak tidak boleh lebih dari 1,2 kg setiap minggunya. Karena kita tidak tahu asal ikan lemak tersebut, apakan dari peternakan ikan yang mengandung zat merkuri yang merugikan kesehatan dedek bayi.

4. Yogurt Sangat Efektif Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau dalam bidang medis disebut sebagai konstipasi akan sering dialami oleh ibu hamil masa hamil 7 bulan ke atas. Yogurt menjadi makanan yang berkhasiat untuk memperlancar buang air besar. Kandungan kalsium tinggi pada yogurt dapat mengurangi sakit pada punggung bunda.

5. Susu Untuk Mempermudah Tidur Ibu Hami Trimester 3

Ibu hamil 7 bulan ke atas akan mengalami sulit atau susah tidur, sehingga posisi tidur miring adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Minum susu sebelum tidur akan membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan tubuh menjadi rileks.

Sekian dulu bahasan 5 makanan terbaik untuk ibu hamil trimester 3, semoga bermanfaat :)

0 Response to "5 Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil Trimester 3"

Poskan Komentar