Apakah Boleh Ibu Hamil 1 Bulan Puasa Ramadhan ?

Advertisement
Sangat bahagia dengan nikmat Tuhan Yang Maha Pencipta akan kehamilan yang bunda terima, dan rasa syukur itu semakin tinggi ketika bertemu dengan bulan mulia Ramadhan. Sering bumil yang bertanya tentang kebolehan puasa bagi wanita hamil 1 bulan ? Kemudian pertanyaan berlanjut : Apakah puasa tidak membahayakan janin yang masih sangat muda ?

Untuk menjawab 2 pertanyaan itu, maka sebaiknya budan mempertimbangkan beberapa faktor ibu hamil yang berpuasa di bulan Ramadan.

1. Sudah diketahui secara luas bahwa puasa Ramadan sangat baik bagi kesehatan badan. Karena berbagai penelitan ilmiah menjelaskan fakta bahwa puasa bulan Ramadhan tidak akan mengakibatkan kekurangan gizi (malnutrisi), bahkan energi sepanjang hari bisa terpenuhi dari makan sahur yang sehat.

2. Puasa bulan Ramadan harus dilaksanakan dengan hati ikhlas mengharap ridho Ilahi, jangan berpuasa karena rasa pamrih dan mengharap pujian orang lain. Manusia mempunyai sistem hipotalamus. Puasa ramadhan akan merubah pola makan yang burk menjadi pola makan yang sangat baik, yaitu makan ketika perut lapar, dan berhenti ketika sudah merasa kenyang.

Dari 2 faktor di atas maka sebenarnya ibu hamil muda dapat melaksanakan ibadah puasa ramadhan, dengan syarat tidak ada keluhan atau masalah kesehatan yang terjadi pada ibu dan janin di perut.  Dan patut diketahui bahwa kehamilan adalah hal yang sesuai dengan fitrah bagi seorang wanita yang sudah menikah, dan hal itu sendiri bukan sebuah kelainan atau penyakit. Kehamilan adalah salah satu kondisi fisiologis yang kemungkinan besar akan dilalui setiap wanita dalam hidupnya.

Ibu hamil muda disarankan agar mempertimbakan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi kesehatannya,  misalnya periode trimester 1 akan memberikan beberapa dampak semisal muntah-muntah, morning sickness, pingsan, lemas tidak bertenaga, dan lainnya. Jika Anda mengalami beberapa hal itu makan ibadah puasa sebaiknya diganti di lain waktu. Dampak-dampak itu disebabkan adanya proses pembentukan bagian-bagian organ penting janin seperti otak.

Ibu Hamil 1 Bulan Puasa Ramadhan
Ibu Hamil 1 Bulan Puasa Ramadhan

Menu Makanan Ibu Hamil Pada Puasa Ramadhan

Ibu hamil 1 bulan boleh puasa dengan syarat mengkonsumsi makan yang baik, agar asupan gizi bagi diri sendiri dan buah hati tercukupi. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikomsumsi pada saat sahur dan buka puasa :

1. Zat besi.

Jangan lupa memasukan dalam daftar menu sahur dan buka puasa, makanan kaya zat besi semisal : , daging ayam, hati, daging sapi, bayam, dan kacang-kacangan. Jangan lupa mengkomsumsi Vitamin C dari buah seperti jeruk untuk meningkatkan efektifitas absorpsi zat besi tubuh.

2. Asam folat.

Periode trimester pertama sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau, daging, hati, limpa, dan telur. Karena asam folat adalah nutrisi utama pertumbuhan bayi dalam kandungan.

3. Kalsium.

Ibu hamil jangan lupa meminum susu pada pagi dan petang hari, karena susu adalah sumber kalsium terbesar. Kalsimu juga didapat dari brokoli, kacang-kacangan, ikan, tahu, dan lainnya.

Ibu hamil muda yang berpuasa harus tidak dehidrasi, dengan jalan meminum air setidaknya 2 liter /hari. Sekian pembahasan kami tentang boleh tidak ibu hamil 1 bulan puasa ramadhan.

0 Response to "Apakah Boleh Ibu Hamil 1 Bulan Puasa Ramadhan ?"

Poskan Komentar