Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Janin, Dan Bayi

Advertisement
Asap rokok yang memenuhi ruangan akan mendatangkan bahaya bagi ibu hamil, janin dan anak-anak. Kebiasaan merokok telah digandrungi oleh para pria dewasa, bahkan tidak sedikit remaja yang ikut-ikutan kebiasaan jelek ini. Besarnya jumlah perokok di nusantara membuat ibu yang mengandung was-was akan kesehatan diri dan janin di perut.

Wanita hamil dan anak-anak memimpikan lingkungan yang hijau dan asri. Udara yang segar dan sejuk masuk dalam kerongkogan sudah jarang dirasakan masyarakat perkotaan. polusi udara dari asap kendaraan dan idustri sudah membuat kita pusing, ditambah lagi prilaku para perokok yang merokok di tempat umum, seperti di bus, taman kota, pertokoan, mall, dan lainnya.

asap rokok ibu hamil
Ilustrasi : Bahaya asap rokok bagi ibu hamil


Bahaya Asap Rokok Bagi Bayi Dan Anak-Anak

Berbagai penelitian yang sudah dilakukan sudah memberikan bukti kuat bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi semua orang, apalagi anak-anak yang sedang tumbuh. Asap rokok akan membunuh Anda, itulah salah satu iklan anti rokok yang populer saat ini. Manusia akan terjangkit berbagai jenis penyakit parah ketika merokok dalam waktu yang panjang, bahkan berakibat cacat dan kematian.

Anak-anak sering menghirup asap rokok secara pasig karena perokok di sekitarnya misalnya bapak, paman, tetangga, dan lainnya. Mereka akan mendapatkan dampak negatif berikut :

  1. Anak sangat rentan terkena penyakit ringan, semisalflu, batuk, infeksi pendengaran dan lainnya.
  2. Anak akan terkena penyakit asma padahal sebelumnya tidak ada riwayat penyakit pernapasan ini.
  3. Balita yang sering menghirup udara penuh dengan asap rokok kemungkinan besar terkena infeksi saluran pernafasan semisal bronkritis dan pneumonia.
  4. Bayi mempunyai resiko Sindrom Kematian Mendadak (SIDS) lebih tinggi daripada bayi yang tidak menghirup asap rokok secara rutin.

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Ibu yang mengandung sangat senang ketika perut sudah mulai terlihat buncit, tetapi awas asap rokok dapat memberikan beberapa dampak negatif pada kesehatan ibu dan bayi. Berikut bahaya rokok untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya :
  1. Meningkatnya resiko keguguran atau bayi wafat pada persalinan.
  2. Bayi terlahir dalam kondisi berat badan yang minim.
  3. Bayi tercinta lahir memiliki penyakit pernafasan.
  4. Bayi akan tumbuh dengan resiko SIDS lebih besar.
Sekian bahasan ini tentang bahaya asap rokok untuk ibu hamil, janin, dan bayi. Selalu jaga kesehatan bunda dan bayi dengan menghindari asap rokok di lingkungan sekitar.

0 Response to "Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil, Janin, Dan Bayi"

Poskan Komentar