Berbahayakah Keluar Flek Darah Pada Saat Hamil Muda ?

Advertisement
Bumil sangat berbahagia ketika tes kehamilan di puskesmas menunjukkan hasil positif, sepulang di rumah maka bilang kepada suami bahwa Anda dan dia sudah mempunyai buah hati. Suami istri pun suka cita, dan hubungan rumah tangga menjadi semakin harmonis dan saling menyayangi karena menantikan kehadiran dedek bayi. Tidak sedikit wanita hamil muda mengalami gelisah, panik, kaget, dan stres akibat muncul spotting atau perdarahan.

Perempuan yang belum pernah hamil akan merasakan keanehan ketika melihat bercak darah pada celana dalam. Karena hal seperti ini tidak pernah terjadi seumur hidupnya. Dia kemudian bertanya dalam hati, Darah keluar kan hanya pada masa menstruasi? Perasaan khawatir akan menghantui pikirannya, karena takut ada apa-apa dengan janin yang baru dikandungnya.

Kami akan berbagai informasi bagi bunda untuk memperjelas keadaan sebenarnya pada keluar flek darah pada saat hamil muda.
Keluar Flek Darah Pada Saat Hamil Muda
Ilustrasi : Keluar Flek Darah Pada Saat Hamil Muda

Apakah flek darah pada masa kehamilan ?

Proses munculnya flek darah dalam bidan medis disebut sebagai spotting, hal ini merupakan perdarahan tingkat ringan yang dapat dialami ibu dalam masa kehamilan, lebih besar kemungkinan terjadi pada trimester 1. Menurut penelitian ada 20% ibu hamil yang mendapati dirinya keluar flek saat trimester 1. Jangan terlalu cemas terlebih dahulu, karena proses ini merupakan kejadian normal pada wanita hamil, akan tetapi Anda harus memastikan tidak ada gejala komplikasi yang menyusul.

Flek darah berbeda dengan proses perdarahan pada masa kehamilan, karena pendarahan identik dengan gejala awal dari keguguran janin. Maka jika ada ibu hamil yang pendarahan maka tindakan tepat adalah secara cepat datang ke bidan di puskesmas atau dokter kandungan di RS.

Apa perbedaan antara flek darah dengan perdarahan ?

Flek darah berjumlah sedikit dan biasanya hanya bercak-bercak darah yang menempel pada celana dalam, terkadang berwarna coklat atau merah. Sebaliknya, perdarahan pada ibu hamil berjumlah sangat banyak, dan celana dalam akan kotor seketika. Sehingga menurut akal, perdarahan lebih berbahaya dibandingkan dengan flek darah.

Apakah ibu hamil yang mengalami keluar flek aman-aman saja ?

Jawabannya tidak bisa dipastikan secara langsung, namun harus didiagnosa terlebih dahulu. Beberapa faktor yang diteliti adalah kapan waktu flek darah terjadi, banyakkah jumlah darah yang keluar, berapa lama prosesnya, dan gejala susulan lain semisal pingsan, lemas, demam, nyeri perut, dan keluarnya gumpalan darah.

Saran terbaik dari kami adalah Anda harus sering berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan setiap terjadi masalah yang mencemaskan, salah satunya adalah keluar flek pada masa hamil muda. Supaya Anda mendapatkan informasi yang tepat sesuai dengan petunjuk medis.

0 Response to "Berbahayakah Keluar Flek Darah Pada Saat Hamil Muda ?"

Poskan Komentar