Boleh dan Amankah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Advertisement
Mie instan telah menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena praktis, mudah didapat, dan murah meriah. Meski banyak disukai, rupa masyarakat juga mulai menyadari bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan instan, terutama mie instan karena kandungan bahan pengawet dan penguat rasa yang tinggi. Terlepas dari hal itu, dengan banyaknya varian rasa, mie instan tetap disukai oleh semua kalangan, tak terkecuali ibu hamil. Lalu amankah ibu hamil makan mie instan atau makanan cepat saji jenis yang lain?

mie instan untuk ibu hamil
ilustrasi mie instan dari es.wikipedia.org


Kandungan dalam Mie Instan

Mie instan merupakan bentuk makanan siap saji yang siap dimakan hanya dengan direbus, atau direndam air mendidih kemudian ditambah dengan bumbu. Berbeda dengan jenis makanan siap saji lainnya, mie instan sangat praktis dan bisa dimasak sendiri. Karena berupa makanan instan, tentunya makanan ini memiliki kandungan bahan pengawet dan penguat rasa yang tinggi. Selain terdiri atas kandungan bahan pengawet dan penguat rasa MSG, mie instan mengandung karbohidrat dan natrium yang tinggi.

Efek Mie Instan Bagi Kesehatan Janin dan Ibu Hamil

Jika dibandingkan dengan nikmatnya rasa mie instan, ternyata efek yang ditimbulkan bagi kesehatan ibu mengandung dan janin tidak sebanding dengan rasanya. Bahkan, untuk orang biasa yang dalam kondisi sehat, konsumsi mie instan yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat merusak sel-sel yang ada dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan pengawet dan penguat rasa yang terdapat dalam mie instan. 

Efek buruk mie instan bagi kesehatan bukan hanya akan menyerang ibu, melainkan juga janin yang ada dalam rahim. Bagi ibu hamil, kandungan natrium yang tinggi dalam mie instan dapat memicu tekanan darah tinggi. Kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi dalam mie tanpa diimbangi dengan vitamin dan protein lain yang terdapat dalam sayuran menjadi menu makanan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Kandungan karbohidrat, penyedap MSG, dan penawet yang tinggi juga akan mengganggu perkembangan janin. 

Aman ataukah Tidak?

Penjelasan mengenai kandungan dan efek yang ditimbulkan jika ibu hamil mengkonsumsi mie instan bisa menjadi gambaran mengapa dokter menganjurkan para ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, terutama mie instan. Untuk lebih memaksimalkan asupan gizi yang baik bagi ibu dan janin, sebaiknya ibu menghindari mie instan sebagai menu makanan sehari-hari. Namun, jika terpaksa mengkonsumsinya, ibu hamil bisa menambahkan sayuran dan telur serta mengurangi penggunaan bumbu mie instan.

0 Response to "Boleh dan Amankah Ibu Hamil Makan Mie Instan?"

Poskan Komentar