Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian ?

Advertisement
Bunda yang memperoleh nikmat kehamilan tentu selalu mengisi hari dengan syukur dan doa. Setiap kali ada hal baru tentang kehamilan maka akan menjadi ganjalan di benak. Seiring dengan kedatangan musim buah durian. Kemudian bumil dihadapkan pada pertanyaan boleh tidak ibu hamil makan durian pada masa kehamilan ?

Buah durian memang sangat enak, dan memiliki aroma yang khas dan menusuk hidung kita. Buah durian mengundang rasa lapar dan keinginan kuat untuk mencicipi buah dengan kulit keras dan berduri tajam ini. Bagi wanita hamil tentu buah durian akan menjadi salah satu buah yang ingin dikonsumsi, apalagi sebelum masa mengandung adalah seseorang yang hobi makan durian.

Ibu hamil makan durian
Ilustrasi : Ibu hamil makan durian


Bahaya 2 Zat Ketika Ibu Hamil Makan Durian

Menurut ilmu kebidanan buah durian boleh dimakan oleh ibu yang sedang hamil, karena tidak mengandung zat yang memberikan dampak negatif pada bayi yang ada di perut bunda. Namun perlu hati-hati dalam mengkonsumsi buah mahal ini, karena durian memiliki 2 zat yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kandungan. 2 zat yang tidak baik itu yaitu alkohol dan asam arachidonat.

Buah durian yang beraroma wangin ternya mempunyai zat alkohol yang diketahui secara umum dapat memberikan masalah pada perkembangan buah hati dalam rahim bunda. Gangguan itu adalah bayi akan terlahir dengan berat badan yang ringan.

Zat asam arachidonat yang ada buah durian merupakan senyawa prekursor (katalisator proses pembentukan prostaglandin) yang akan mendorong rasangan kontraksi rahim ibu hamil sehingga pendarahan atau keguguran dapat dialami pada masa hamil muda.

Kebolehan makan durian bagi ibu hamil muda

Ibu hamil dapat merasa lega dan aman ketika makan durian dalam porsi yang sedikit atau normal, karena kandungan alkohol dan asam arachidonat dalam 1 buah durian tidak cukup banyak dan kuat untuk menimbulkan efek negatif pada kehamilan bunda. Atau lebih baik bunda memakan buah durian dalam kondisi yang baik, segar, bersih, dan bebas racun semisal pestisida.

Buah durian sekarang populer dengan produk olahan, dan menurut data bahwa zat asam arachidonat dan alkohol lebih sedikit daripada ketika bunda memakannya dalam keadaan segar. Perhatikan juga cara mengolah daging buah durian itu pada proses produksi, apakah higienis, sehat, dan tidak ditambahkan zat-zat racun.

Sehingga jawaban dari bolehkah ibu hamil makan durian adalah boleh dengan syarat di atas tadi. Semoga bahasan ini menambah wawasan kehamilan saudari.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian ?"

Poskan Komentar