Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Belanda atau Sirsak?

Advertisement
Seringkali masyarakat kita melarang ibu hamil makan durian belanda, namun ada juga yang malah menyarankan ibu hamil makan buah sirsak. Durian belanda atau yang dikenal dengan nama sirsak kadang menjadi menu masa-masa “ngidam” bagi sebagian ibu hamil. Rasanya yang manis-asam memang sangat enak untuk dikonsumsi, terutama dibuat menjadi jus. Namun, beberapa ibu yang belum memahami manfaat sirsak bagi kesehatan mungkin masih ragu untuk mengkonsumsi buah berkulit hijau yang satu ini, padahal jika dilihat dari manfaatnya, buah sirsak sangat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, dalam dunia kesehatan ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Buah yang memiliki nama latin Annona muricata ini ternyata memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan ibu saat hamil, tapi ingat konsumsi buah sirsak ini harus tetap dalam kewajaran dan memperhatikan kondisi wanita mengandung terutama pada pencernaannya.

buah sirsak di pohon

Durian Belanda untuk Meningkatkan Produksi ASI

Meski tak sepopuler daun katuk yang dapat melancarkan ASI, rupanya buah sirsak juga sangat berperan dalam produksi ASI (Air Susu Ibu) di masa kehamilan. Jadi, sebelum melahirkan, ibu bisa mulai meningkatkan produksi ASI untuk menyambut kelahiran buah hati. Sirsak cukup dijus tanpa tambahan gula atau disantap secara langsung secagai pencuci mulut seusai makan. Kandungan serat yang tinggi serta kadar gula rendah dapat menurunkan resiko kegemukan pada ibu hamil.

Durian Belanda Efektif Menghambat Tumbuhnya Bakteri, Virus, maupun Parasit

Ibu hamil rentan terhadap serangan virus, parasit, dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu janin. Dengan mengkonsumi buah sirsak atau jus sirsak, ibu hamil mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari bahaya virus, parasit, atau bakteri. Hal ini membuat resiko penyakit yang disebabkan oleh ketiga hal tersebut seperti flu dan batuk dapat ditekan. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai manfaat sirsak atau durian belanda, kandungan dalam buah ini juga mampu membunuh sel-sel jahat yang berupa kanker dan tumor.

Durian Belanda untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik dan aman untuk janin. Namun, tak sedikit ibu hamil yang mengeluh kurang nafsu makan karena mual atau karena kurangnya selera. Buah sirsak atau durian belanda ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil yang kurang nafsu makan. Kandungan dalam buah sirsak mampu meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa mual, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak. 

Durian Belanda untuk Saraf dan Otot

Mengkonsumsi buah yang dagingnya berwarna putih ini juga dipercaya bermanfaat untuk menguatkan syaraf dan merileksasi otot, terutama pada ibu hamil yang mendekati masa-masa melahirkan. Karena itulah, buah sirsak atau jus sirsak sangat dianjurkan sebagai menu tambahan bagi ibu-ibu hamil.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Belanda atau Sirsak?"

Poskan Komentar