Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Hijau ?

Advertisement
Menjadi ibu hamil merupakan saat yang dinanti bagi perempuan yang sudah menikah. Penantian lama telah ada di depan mata, rasa syukur diucapkan kepada Tuhan, dan diwujudkan dengan menjaga dan merawat kandungan secara baik. Minum teh adalah kebiasaan orang Asia, tidak terkecuali di tanah air kita. Minum teh biasanya menjadi penutup setiap kali makan.

Teh bisa dikonsumsi dalam keadaan panas, hangat atau dingin. Setiap tegukan teh mengundang rasa dahaga bagi yang melihatnya. Nah, ibu hamil tentu bertanya bolehkan minum teh hijau saat mengandung janin.Atau sederhanya : Amankah ibu hamil minum teh hijau ?

Jawabannya adalah boleh dan aman selama konsumsi tidak berlebihan atau mengikuti petunjuk dari dokter dan ahli kandungan.

teh hijau
Ilustrasi : teh hijau
Bahaya Ibu Hamil Minum TehTerlalu Banyak

Teh hijau yang diminum terlalu banyak pada masa kehamilan akan menimbulkan dampak negatif atau bahaya kepada kesehatan janin dalam kandungan. Inilah 5 bahaya teh hijau bagi ibu hamil dan janinnya :

1. Mengurangi asupan asam folat

Kandungan teh hijau akan mengurangi jumlah asam folat yang telah dikomsumsi oleh perempuang yang mengandung, hamil padahal asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi dalam rahim, kekurangan asam folat akan mengakibatkan cacat tabung saraf pada bayi.

2. Menambah tekanan darah

kafein yang terdapat pada teh hijau akan membuat tekanan darah ibu yang mengandung semakin tinggi, seperti yang diketahui bahwa tekanan darah terlalu tinggi tidak baik bagi siapa pun.

3. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh hijau yang dikonsumsi dalam jumlah besar akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang masuk dalam perut bunda, dari makanan kaya zat besi seperti daging dan sayuran hijau.

4. Mengurangi berat badan janin

Minum teh dalam kadar yang terlalu banyak akan mengurangi berat badan janin, hal itu karena kafein yang terkandung di dalam teh hijau.

5. Dehidrasi

Kafein dengan sifat diuretik yang masuk ke dalam tubuh akan menjadikan Anda bolak-balik ke kamar kecil untuk kencing. Kafein memiliki sifat diuretik pada tubuh, semakin banyak konsumsi teh hijau maka ibu hamil mengalami dehidrasi.

Demikian ulasan tentang bahwa teh hijau bagi kesehatan ibu hamil, semoga kandungan bunda baik-baik saja.

0 Response to "Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Hijau ?"

Poskan Komentar