Camilan Dan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Hipertensi

Advertisement
Makanan untuk ibu hamil yang hipertensi dapat berasal dari buah dan sayuran yang terjamin kealamiannya. Hipertensi gestasional atau tekanan darah tinggi pada masa kehamilan adalah satu penyebab terbesar terjadinya  kasus keguguran dan kelahiran prematur. Karena itulah, ibu hamil yang divonis menderita gejala ini perlu menjalankan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. selain untuk memperkecil risiko yang akan mengancam kesehatan janin, jenis makanan tertentu juga dapat mencegah terjadinya gagal jantung pada ibu. 

Menu Makanan Utama Ibu Hamil Yang Hipertensi

Sebenarnya, masalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil bukan hanya dipicu oleh gangguan pada jantung, melainkan juga pola makan yang tidak sehat setiap harinya. Untuk itu, ibu hamil yang mengalami hipertensi harus mengatur pola makan, terutama menu makanan utama yang dikonsumsi sehari-hari. berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan saat mengonsumsi makanan utama:
  • Hindari konsumsi makanan berpengawet yang memiliki cita rasa yang kuat, mulai dari mie instan, bubur instan, hingga junk food seperti burger, pizza, dan lain sebagainya.
  • Kurangi penggunaan garam (natrium) saat mengolah makanan.
  • Beralihlah mengolah makanan dengan minyak zaitun karena minyak ini mengandung omega yang baik untuk kesehatan.
  • Hindari makanan yang digoreng dengan minyak goreng karena minyak mengandung lemak jahat yang bisa memperburuk masalah tekanan darah.
  • Hindari minuman yang mengandung gula atau pemanis.
  • Pilihlah daging yang rendah lemak untuk variasi menu
  • Buatlah variasi makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi, misalnya gandum dan sereal.
Camilan Lezat Untuk Variasi Makanan



Untuk melengkapi nutrisi makanan utama, ibu juga bisa menambahkan camilan yang aman dan sehat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga meningkatkan kesehatan janin berikut ini:

1. Semangka sebagai pencuci mulut

Buah ini mengandung asam amino L-citruline yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah

2. Kismis sebagai camilan setiap hari

Rasanya yang manis alami sangat baik untuk ibu hamil yang hipertensi karena mengandung anti oksidan dan serat tinggi.

3. Jus kiwi tanpa gula

Buah berwarna hijau segar ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil yang mengalami hipertensi karena mengandung lutein yang dapat menurunkan tekanan darah.

4. Buah-buahan segar

Camilan berupa buah-buahan segar selain lezat juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Cobalah mengkreasikan buah-buahan menjadi salad buah yang sehat.

0 Response to "Camilan Dan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Hipertensi"

Poskan Komentar