Cara Mengatasi Ibu Hamil Yang Masuk Angin

Advertisement
Cara mengatasi ibu hamil yang masuk angin perlu dipahami oleh setiap calon bunda agar sehat selalu. Saat memasuki masa kehamilan, tentu ibu mengandung atau calon ibu harus lebih memperhatikan keadaan tubuh, terutama saat terserang masalah kesehatan yang sering mengintai, seperti masuk angin. Meski sering dianggap masalah kesehatan yang ringan, masuk angin juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Bahkan, jika tidak ditangani dengan tepat, masalah ini bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius yang bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ibu hamil yang masuk angin.  

Jangan Meminum Obat-Obatan

obat ibu hamil masuk angin

Sebelum hamil, ibu memang bebas mengkonsumsi obat-obatan yang tersedia di pasaran untuk mengobati masuk angin. Namun, jika sudah ada janin yang hidup dalam rahim ibu, tentu ibu perlu berpikir panjang sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang bisa berdampak negatif bagi perkembangan janin dan juga kesehatan ibu. Senyawa dari obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh ibu juga diserap oleh janin, sehingga efek buruk dari obat tersebut juga akan memberikan masalah bagi janin. Karena itulah, ibu hamil hanya perlu membuat sendiri obat untuk mengatasi masuk angin yang didapat dari bahan-bahan alami tanpa efek samping.

Minum Teh Hangat atau Wedang Jahe 

Teh hangat atau wedang jahe yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil saat masuk angin bisa memberikan efek hangat ke seluruh tubuh, sehingga dapat mengurangi rasa dingin. Untuk teh hangat, pilihlah teh seduh atau teh herbal yang tidak mengandung kafein. Untuk wedang jahe, cukup tambahkan madu ke dalam larutan air panas dan jahe yang digeprek agar rasanya manis. Selain untuk menghangatkan saat masuk angin, wedang jahe ini juga bermanfaat untuk menjaga stamina, sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Mengoleskan Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Teh dan wedang jahe berfungsi untuk menghangatkan tubuh dari dalam, sedangkan minyak telon atau minyak kayu putih dapat menghangatkan tubuh dari luar. Minyak ini dapat dioleskan di bagian punggung ibu yang sedang menderita masuk angin. Selain memberikan efek hangat, minyak telon atau minyak kayu putih juga memberikan efek relaksasi dengan aromannya yang khas.

Menyantap Sop Hangat

Makanan yang disantap oleh ibu hamil berupa sop hangat bisa menjadi obat sekaligus asupan gizi bagi ibu hamil. Sayuran-sayuran segar yang terdapat dalam sop akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil saat tubuhnya melemah akibat masuk angin. Bumbu yang digunakan untuk sayur sop berupa merica dan bawang putih juga menambah manfaat sop hangat sebagai penghangat tubuh saat masuk angin.

Sekian dulu pada bunda tercinta akan tips mengatasi ibu hamil masuk angin ini dan selamat berkreasi sehat!!

1 Response to "Cara Mengatasi Ibu Hamil Yang Masuk Angin"

  1. Rata-rata ibu hamil kalau masuk angin ya pake minyak kayu putih gan.
    Regard, Modifikasi Motor.

    BalasHapus