Empat Hal Penting yang Harus Diketahui Ibu Menjelang Persalinan

Advertisement
Wanita hamil sembilan bulan yang mau melahirkan memasuki tahapan paling penting dengan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelahiran. Persiapan dilakukan mulai dari tempat persalinan, barang-barang untuk sang buah hati, hingga pemahaman mengenai tahapan kelahiran dan proses kelahiran itu sendiri. Melahirkan memang sebuah tahapan paling mendebarkan yang dilalui ibu, sehingga tak jarang membuat ibu hamil tua merasa cemas dan khawatir. Namun wanita yang sudah memasuki usia kehamilan tujuh hingga sembilan bulan tidak perlu cemas, asalkan tetap memperhatikan beberapa hal yang dilakukan untuk  menyambut kelahiran agar ibu siap dan kelahiran berjalan lancar.

senam ibu hamil
gambar senam ibu hamil

1. Memahami Proses Kelahiran, Tahapan Kelahiran, dan Teknik yang Digunakan dalam Proses Melahirkan

Ibu yang mulai memasuki usia kehamilan tujuh hingga sembilan bulan harus membuka wawasan yang seluas-luasnya mengenai proses, tahapan, hingga teknik-teknik yang digunakan saat proses melahirkan, seperti teknik mengejan dan teknik pernapasan. Hal ini dilakukan untuk membuka pemahaman ibu agar proses melahirkan menjadi tidak terlalu sakit. Penelitian membuktikan bahwa  semakin tinggi pemahaman ibu mengenai tiga hal pokok tersebut, rasa sakit yang dirasakan juga semakin kecil.

2. Mempersiapkan Semua Kebutuhan Bayi dan Ibu

Barang-barang yang diperlukan menjelang kelahiran dan setelah kelahiran harus disiapkan jauh-jauh hari agar semuanya lengkap. Bila perlu, buatlah daftar keperluan dengan mempetimbangkannya dengan ibu atau ibu mertua yang sudah berpengalaman. Selain itu, pilih tempat persalinan yang terpercaya, tidak terlalu jauh dari rumah, dan memiliki fasilitas yang lengkap.

3. Melakukan Kegiatan Olahraga Ringan

Kebiasaan berolahraga ringan bagi ibu hamil memberikan efek yang sangat bagus pada saat proses melahirkan. Olahraga ringan seperti yoga dan jalan-jalan dapat melatih otot perut agar lebih kuat. Selain itu, olahraga ringan juga memberikan efek rileks dan nyaman bagi tubuh ibu. Jika olahraga dilakukan di pagi hari dengan suasana yang sangat menyenangkan, stress yang dirasakan ibu hamil menjelang kelahiran juga bisa berkurang.

4. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Asupan makanan yang bergizi harus dicukupi oleh ibu hamil menjelang persalinan karena pada masa tersebut, ibu membutuhkan sekitar 450 kalori dalam satu hari. Lengkapi kebutuhan nutrisi ibu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega3 dan kalsium yang dapat membantu perkembangan otak. Jika ibu memiliki masalah buang air besar, minumlah yogurt setiap hari yang juga mengandung banyak kalsium. Selain itu, makanlah makanan yang dipercaya dapat melancarkan ASI seperti papaya dan durian belanda. Meski ibu memiliki kebutuhan gizi yang tinggi, ibu harus tetap mengatur porsi yang tidak terlalu banyak agar tidak berakibat buruk pada lambung.

0 Response to "Empat Hal Penting yang Harus Diketahui Ibu Menjelang Persalinan"

Poskan Komentar