Ibu Hamil Minum Kopi Boleh Tidak ?

Advertisement
Bagi ibu hamil yang sudah terbiasa meminum segelas kopi di pagi hari tentu memiliki pertanyaan, ibu hamil minum kopi boleh tidak ? Setiap wanita hamil tidak ingin kesehatan kehamilan terganggu oleh makanan dan minuman. Dan kopi menjadi salah satu momok bagi ibu yang sedang hamil, karena berita yang simpang-siur selama ini.

Ada juga yang sering bertanya kepada para bidang tentang bolehkah ibu hamil minum kopi instan ? pertanyaan-pertanyaan seperti mungkin sudah dijawab oleh ahli kandungan pada kategori pantangan-pantangan ibu hamil tetapi kita tidak update informasi.

Ada rumor yang beredar di masyarakat dari dahulu hingga sekarang, yang mengatakan bahwa wanita hamil disarankan untuk tidak minum kafein. Hal ini memunculkan perdebatan di kalangan ahli kesehatan, akhirnya para ahli kesehatan mengatakan bahwa kafein harus dikonsumsi dengan batasan, agar aman bagi kesehatan ibu hamil.
Ibu Hamil Minum Kopi Boleh Tidak
Ibu Hamil Minum Kopi Boleh Tidak

Beberapa ahli kehamilan menganjurkan agar perempuan hamil supaya tidak meminum kafein terlau banyak dalam sehari, jangan lebih 200 miligram per hari atau 2 gelas. Karena ada studi yang mengatakan bahwa ibu hamil yang meminum kopi terlalu banya beresiko dua kali lipat mengalami keguguran dari pada ibu hamil yang tidak meminum kopi setiap hari.

Berita yang lebih mengejutkan datang dari penelitian di Denmark yang menyebutkan bahwa ibu hamil yang terbiasa minum 8 gelas kopi/hari mempunyai resiko bayi mati sesaat setelah proses kelahiran lebih tinggi dibandingkan ibu hamil yang tidak minum kopi.

Banyak ibu hamil yang sudah merasakan keadaan yang lebih baik ketika berhenti untuk mengkonsumsi kafein. Hal ini bukan bualan, karena kafein adalah stimulan yang akan memompa kinerja jatung, sehingga detak jantung semakin berdebar. Kafein menyebabkan keadaan panas pada bagian perut, ini adalah salah satu yang tidak diinginkan bunda.

Ibu yang memasuki kehamilan trimester pertama akan menurun kemampuan tubuh untuk mencerna kafein, proses pemecahan kafein berjalan sangat lambat sehingga aliran darah akan terganggu. Lebih mengerikan lagi pada kehamilan trimester kedua, karena tubuh memerlukan waktu dua kali lebih lama untuk mengelurkan kafein dari tubuh.

Langkah sederhana yang bijak adalah berusaha untuk menghentikan konsumsi kopi selama masa kehamilan, kesehatan bayi dalam kandungan lebih berharga daripada kepuasaan sesaat saat meminum segelas kafein.

Sekian informasi tentang ibu hamil minum kopi boleh tidak ? Semoga ibu hamil di rumah mendapatkan rujukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 Response to "Ibu Hamil Minum Kopi Boleh Tidak ?"

Poskan Komentar