Intip Penyebab Ibu Hamil Gampang Capek

Advertisement
Capek merupakan salah satu gejala yang sering dialami ibu pada masa kehamilan. Meski aktivitas yang dilakukan tak terbilang berat, tak jarang ibu hamil terus mengalami keluhan letih yang dirasakan pada tubuhnya. Rupanya, gejala ini memang wajar dialami ibu hamil, terutama bagi mereka yang masa kandungannya memasuki trimester pertama hingga ketiga karena pada masa ini tubuh ibu hamil mengeluarkan hormon-hormon tertentu yang membuat ibu mudah merasa letih setelah melakukan aktivitas.

ibu hamil sering letih

Beragam Penyebab Rasa Letih

Rasa letih yang sering dialami ibu dapat disebabkan oleh baragam faktor yang terjadi di dalam tubuh. Faktor tersebut yaitu:
  • Morning sickness yang umumnya dirasakan oleh ibu pada awal masa kehamilan menyebabkan rasa mual dan muntah yang diikuti oleh pola makan yang tidak tepat, sehingga tubuh ibu akan merasa cepat lelah dibanding biasanya.
  • Gejala sulit tidur yang membuat waktu beristirahat ibu menjadi lebih singkat, padahal tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan dan mengurangi rasa lelah.
  • Sistem tubuh dalam ibu yang berusaha membangun jaringan-jaringan tubuh yang diperlukan untuk pembentukan dan pertumbuhan janin juga menyerap energi yang diperoleh ibu dari asupan gizi setiap harinya.
  • Kadar hormon yang dihasilkan ibu pada masa kehamilan terus mengalami perubahan, sehingga ibu merasa berat dalam menjalani aktivitas.
  • Anemia
Langkah Untuk Mengatasi Gejala Cepat Lelah

Untuk mengatasi beragam faktor yang dapat memicu rasa cepat lelah, ibu hamil dapat melakukan berberapa langkah berikut ini:
  • Kenali penyebab gampang lelah yang diderita agar ibu mampu melakukan penanganan yang sesuai dengan faktor penyebab. Akan lebih baik lagi jika ibu hamil mengonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui langkah selanjutnya yang perlu diambil.
  • Biasakan berolahraga ringan setiap pagi untuk melatih otot-otot tubuh agar tak mudah capek.
  • Konsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan energi untuk beraktivitas dan pemenuhan nutrisi baik untuk diri sendiri dan janin.
  • Atur pola hidup dengan aktivitas yang seimbang, terutama untuk waktu beristirahat, makan, dan melakukan aktivitas ringan.
  • Jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas berat yang tidak mampu dilakukan ibu pada saat hamil.
  • Selalu amatilah tiap perubahan yang menyangkut kesehatan tubuh untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama kehamilan.
Dengan pola hidup dan pola makan yang sehat khusus pada masa kehamilan, ibu kini bisa menikmati nyamannya beraktivitas tanpa rasa mudah lelah. Meski demikian, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi ke dokter khusus kandungan untuk menanyakan tiap masalah yang terjadi dalam tubuh. Jika ibu waspada dan tanggap, calon buah hati ibu akan tetap sehat hingga lahir nanti.

0 Response to "Intip Penyebab Ibu Hamil Gampang Capek"

Poskan Komentar