Bagaimana Jika Ibu Mengandung Enam Bulan Kurang Selera Makan?

Advertisement
Saat memasuki usia kandungan enam bulan, biasanya beberapa ibu hamil mulai merasakan masalah-masalah yang berhubungan dengan fisik maupun emosi. Masalah-masalah tersebut bisa berupa masalah pencernaan hingga gangguan tidur. Salah satu masalah yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah kurangnya selera makan, padahal pada masa ini ibu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan buah hati. Jika masalah ini berdampak pada asupan makanan yang kurang setiap harinya, maka tentu saja akan berakibat buruk pada perkembangan janin. Namun, bagi ibu mengandung yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir karena kurangnya selera makan bisa disiasati dengan beberapa langkah.

•    Ganti Nasi dengan Bahan Lain
ibu hamil tidak selera makan

Nasi adalah makanan pokok yang harus ada dalam menu masakan masayarakat Indonesia. Namun, tak jarang ibu hamil merasa bosan dengan makanan pokok yang mengandung karbohidrat ini. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengganti nasi dengan bahan lain yang lebih bervariasi, tetapi tetap mengandung karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, contohnya ketela, kentang, dan jagung.

•    Membuat Variasi Menu Makanan Cukup Serat

Jika ibu hamil sudah merasa kurang nafsu makan, maka perlu membuat variasi menu yang cukup serat. Makanan yang cukup serat lebih cepat membuat perut merasa kenyang tanpa harus makan dalam porsi yang besar. Selain itu, variasi makanan juga bisa mencegah ibu merasa bosan mengonsumsi menu makanan yang monoton. Jika perlu, ibu bisa menyusun menu makanan yang ingin dikonsumsi dalam satu hari sambil memperhatikan kebutuhan kalori, kandungan vitamin, mineral, lemak, dan serat yang dibutuhkan dalam satu hari.

•    Konsumsi Buah yang cepat Meningkatkan Nafsu Makan Bumil

Setiap jenis buah memiliki fungsi masing-masing untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah fungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Durian belanda atau sirsak memiliki kandungan yang dapat meningkatkan nafsu makan bagi ibu hamil. Buah berkulit hijau ini juga memiliki khasiat untuk melancarkan produksi ASI. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi jeruk atau jeruk bali yang kaya serat larut.

•    Pilihlah Camilan yang Tepat

Saat beraktivitas sehari-hari, ibu hamil dapat memilih camilan yang tepat untuk tetap memenuhi kebutuhan gizinya. Camilan yang berbahan dasar kacang merupakan jenis makanan yang cocok untuk ibu hamil yang sedang kurang nafsu makan. Kacang memiliki kandungan yang dapat mengontrol nafsu makan ibu hamil.
Ibu hamil yang cerdas pasti dapat mengatasi kekurangan selera makan pada dirinya, sebab nutrisi yang dikonsumsinya sangat berpengaruh pada perkembangan janin yang tersayang. Jaga terus pola makan agar selalu pada rel yang benar sampai proses melahirkan menjelang. Sekian cara mengatasi kekurangan selera makan pada wanita hamil dari kami dan selamat membaca artikel kehamilan lainnya di web sederhana ini. :)

0 Response to "Bagaimana Jika Ibu Mengandung Enam Bulan Kurang Selera Makan?"

Poskan Komentar