Kenali Gejala Gatal di Badan pada Masa Kehamilan

Advertisement
Saat memasuki masa kehamilan, umumnya ibu hamil akan mengalami beragam masalah mulai dari mual, muntah, sulit tidur, sering buang air kecil, hingga gatal-gatal di badan. Sama halnya dengan masalah lain, masalah ibu hamil gatal-gatal di badan juga dipicu oleh faktor tertentu yang berhubungan dengan perubahan fisik dan hormon yang dialami di masa kehamilan, apalagi pada masa kehamilan kulit memang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Namun, dengan mengetahui faktor penyebabnya, ibu hamil bisa mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Penyebab Gatal Pada Ibu Hamil

ibu hamil gatal-gatal

Rasa gatal yang dialami oleh ibu hamil adalah gejala wajar yang dirasakan oleh kebanyakan ibu, terutama ibu yang baru pertama kali hamil atau ibu yang memiliki calon bayi kembar karena masalah ini dipicu oleh perubahan struktur kulit dan juga perubahan produksi hormon pada masa kehamilan. Secara umum, penyebab gatal dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Perubahan struktur kulit yang membuat kulit ibu menjadi kering dan terasa gatal.
  • Peningkatakan hormon gonadoptropin dan estrogen yang memicu rasa gatal di kulit yang memicu terjadinya PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy) yang mengakibatkan rasa gatal di daerah dekat pusar, selakangan, hingga paha yang biasanya berupa rasa gatal saja hingga bercak merah pada permukaan kulit.
  • Penyebab lain berupa virus yang juga diderita pada orang biasa, misalnya herpes.
Tips Meringankan Rasa Gatal Pada Ibu Hamil

Sama seperti masalah lain, gejala gatal yang dialami oleh tubuh di masa kehamilan dapat menjadi masalah ringan karena bisa dikurangi sesuai dengan pemicunya, tetapi masalah ini juga bisa menjadi salah satu persoalan yang besar ketika rasa gatal yang diderita sangat mengganggu dan menyiksa, apalagi bekas yang ditimbulkan dari kebiasaan menggaruk bisa menganggu penampilan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi masalah gatal yang menyiksa pada masa kehamilan:
  • Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab utama masalah gatal yang diderita dan juga penanganannya. Pada masalah herpes yang disebabkan oleh virus, ibu akan langsung bisa menanganinya sesuai dengan petunjuk dokter.  Selain itu, untuk gejala gatal yang disebabkan oleh PUPP biasanya ibu akan memperoleh salep atau obat oles untuk meringankan rasa gatal.
  • Pilihlah pakaian yang berbahan dasar katun agar nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat yang banyak keluar setelah melakukan aktivitas.
  • Pilihlah sabun yang memiliki pH rendah.
  • Konsumsi air putih yang cukup untuk mengurangi masalah kulit kering.
  • Makan sayuran maupun buah untuk meningkatkan kelembaban dan kesehatan kulit, apalagi sayuran dan buah juga sangat penting untuk kebutuhan nutrisi bayi.

0 Response to "Kenali Gejala Gatal di Badan pada Masa Kehamilan"

Poskan Komentar