Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil Pada Proses Persalinan

Advertisement
Senang rasanya ketika budan dalam keadaan yang sehat, dan janin tumbuh kembang sesuai dengan prediksi dokter dan bidan. Masa ibu hamil memang menjadi salah satu rasa sakit yang amat dalam bagi kebanyakan wanita.

Sangat mengesalkan ketika ibu hamil sedang bekerja di rumah, kemudian datang rasa nyeri dan sakit di punggung karena kekurangan asupan nutrisi, rasa sakit juga bisa datang dari pembengkakan di kaki dan bagian tubuh yang lainnya. Ketika terjadi hal seperti ini maka olahraga tidak menjadikan hati senang malah susah.


Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya ada jenis olahraga yang cocok ketika mengalami keluhan saat hamil, yaitu latihan yoga. Senam yoga bagi ibu hamil telah populer di negara maju, dan sekarang sudah mulai diikuti oleh masyarakat nusantara. Yoga dikatakan para pakar kesehatan mudah, ringan dan aman dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu yang mengandung.

Yoga adalah latihan fisik yang disukai oleh ibu mengandung karena dapat melemaskan dan menguatkan otot dan sendi tubuh. Ibu hamil akan bertambah berat beban fisik setiap hari hingga bulan 9, masa persalinan pun dapat mudah dilalui dengan persiapan latihan yoga yang rutin dan teratur.



Ilustrasi : Ibu hamil yoga


Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Kami jelaskan 3 manfaat senam yoga yang dilakukan wanita hamil dengan intruksi yang benar :

- Membuat badan lebih fit

Janin yang bertumbuh besar dalam 9 bulan akan membuat ibu hamil cepat merasakan cepek, lelah, dan kurang tenaga. Latihan yoga membantu Anda untuk memperoleh kebugaran fisik, sehingga dapat beraktifitas dalam kondisi fit. Kondisi fit diperoleh karena yoga akan membantu kelenturan otot, keseimbangan tubuh, dan sirkulasi darah.

- Mempermudah proses kelahiran bayi

Proses persalinan adalah salah satu peristiwa terberat yang akan dirasakan perempuan semasa hidupnya. Kondisi badan yang fit akan sangat membantu pada waktu kelahiran bayi. Pelatih yoga akan memberikan gerakan yang berfungsi untuk menguatkan beberapa otot yang digunakan saat melahirkan bayi.

Yoga bagi ibu hamil yang muslimah tentu yang dipelajari hanya teknik yang berkaitan dengan pernafasan, gerakan melemaskan dan menguatkan otot, latihan proses persalinan, dan  lainnya. Segala hal yang berhubungan dengan ide atau pemikiran selayaknya tidak diambil.

Demikian bahasan blog ini tentang beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil. :)

0 Response to "Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil Pada Proses Persalinan"

Poskan Komentar