Penyebab Dan Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil

Advertisement
Hamil yang sudah dirasakan adalah salah satu nikmat pemberian Ilahi yang perlu dirawat dan dijaga sampai masa persalinan. Wajah ceria selalu terlihat pada pasangan suami isteri jika ibu hamil dalam keadaan sehat, dan tidak ada keluhan yang dirasakan. Beberapa keluhan ibu yang mengandung sering terjadi semisal anemia, pusing, kram di perut, sakit di punggung, flek darah, dan lainnya.

Keluhan yang paling sering terjadi pada ibu mengandung adalah anemia. Anemia akan diidap oleh seseorang yang tidak mempunyai cukup nutrisi sebagai asupan regenerasi sel darah merah. Sel darah mempunyai tugas penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia.

Ibu hamil berarti tidak seorang diri lagi, karena ada dedek bayi yang selalu digendong ke mana-mana. Tubuh bunda harus dapat menyuplai sel darah merah lebih banyak lagi, karena janin akan terus bertumbuh hingga perut bertambah besar. Regenerasi sel darah merah yang cepat dan dalam jumlah besar dibutuhkan supaya tubuh bunda dalam keadaan sehat dan tidak lemah.

Penyebab, Pencegahan Dan Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil
Ilustrasi : Ibu hamil anemia

Penyebab Dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir ketika mengidap anemia ringan, karena sebagian besar ibu mengandung akan mengalami hal itu. Tetapi jangan terlalu lega, karena ada beberapa kasus anemia yang serius dikarenakan jumlah zat besi, folat, vitamin B12, vitamin dan mineral lainnya  yang sangat minim masuk tubuh bumil.

Anemia akan menimbulkan dampak negatif atau gejala yang akan menjadikan tubuh bunda lemas, cepat lelah, lesu, dan kurang semangat. Dianjurkan Anda harus segera mengobati jika gejala anemia terjadi dengan intensitas yang sering. Jika terlambat diobati, anemia bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi jani semisal bayi lahir dalam usia prematur.

Cara Pencegahan dan Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil

Pencegahan dan pengobatan penyakit anemia saat masa kehamilan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi, asam folat dan B12, kalau perlu ditambah dengan vitamin prenatal lainnya. Dokter kandungan biasanya menganjurkan supaya bunda memakan makanan sehat yang lebih banyak, tentun makanan dengan kandungan asam folat dan zat besi yang besar.

Ibu hamil mempunyai cara pencehatan anemia yang alami untuk kesehatan diri dan janin dengan memperbanyak asupan zat besi yang masuk dalam tubuh. Jangan lupa untuk mengatur menu masakan sehat dan seimbang yang sesuai dengan anjuran dokter kandungan dan ahli gizi.

Menu Makanan Pencegah Anemia Bagi Ibu Hamil

Anda harus mempunyai patokan paling tidak ada beberapa makanan kaya zat besi dan folat yang ada di meja makan mulai pagi sampai malam hari, semisal :

1. Daging sapi dan ayam, dan ikan segar.

2. Sayur-sayuran hijau semisal bayam, kale, paprika, dan brokoli.

3.  Sereal dan biji-bijian.

4. Telur.

5. Kacang-kacangan.

Makanan di atas harus diimbangi dengan buah yang kaya vitamin C agar tubuh dalam maksimal dalam menyerap zat besi, semisal : jeruk, tomat, strawberry, dan kiwi.

Asupan zat folat harus diperbanyak ibu hamil agar tidak mengalami gejala anemia, semisal : alpukat, roti, sereal, dan kacang kering.

Sekian pembahasan kami tentang penyebab, pencegahan dan pengobatan anemia pada ibu hamil, semoga menjadi ilmu yang berharga.

0 Response to "Penyebab Dan Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar