Resep Tradisional Obat Demam Untuk Ibu Hamil Muda

Advertisement
Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan ibu hamil rentan terhadap penyakit demam. Masalah kesehatan ibu hamil ini ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi, kepala pusing, hingga muntah-muntah. Karena penyakit ini berpengaruh terhadap ketahanan tubuh dan selera makan, tentu harus segera ditangani dengan tepat. Biasanya, penderita deman langsung mengonsumsi obat seperi paracetamol untuk menurunkan suhu tubuh. Namun, apakah ada obat deman yang aman untuk ibu hamil muda? Bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi demam pada ibu hamil muda?

kunyit obat demam
kunyit sebagai obat demam tradisional
Obat Demam yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil pada dasarnya tidak perbolehkan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung senyawa kimia yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang biasa (yang tidak hamil). Oleh karena itu, ibu hamil muda yang mengalami demam juga harus menghindari obat-obatan yang tersedia di apotek, seperti obat dengan kandungan ibuprofen dan asam asetil salisilat. Kandungan ini memberikan efek buruk pada pertumbuhan janin dan bisa mengakibatkan kelainan.

Solusi Obat Demam Paling Aman: Ramuan Alami

Untuk mengobati demam secara aman, ibu hamil bisa  mencoba obat herbal yang bisa diolah sendiri di rumah, yaitu  ramuan kunyit. Kunyit atau dalam bahasa Jawa disebut “kunir” dipercaya mampu mengobati demam secara alami tanpa menimbulkan efek samping, khususnya bagi ibu hamil. Kunyit yang sudah diparut dan diperas cukup ditambah dengan sedikit air dan kemudian direbus. Untuk hasil maksimal, air perasan kunyit tersebut perlu dididihkan hingga 3 kali. Setelah itu, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu agar rasanya lebih nikmat. Ibu hamil bisa meminumnya dalam kondisi hangat agar semakin nikmat dan berkhasiat. Selain ramuan tradisiona, ibu hamil juga hendaknya mengonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain dengan obat ramuan jamu dan vitamin C, ibu hamil juga harus memperhatikan hal-hal lain yang dapat membantu memulihkan kondisi tubuh. Pertama, ibu hamil harus beristirahat yang cukup. Kedua, ibu harus tetap mendapat asupan makanan yang bergizi, terutama makanan berkuah. Bahkan, bumbu-bumbu rempah seperti merica, jahe, dan bawang putih dipercaya bisa memulihkan kodisi tubuh yang sedang dalam keadaan sakit. Ketiga, ibu hamil harus tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Dalam keadaan demam, hidung berlendir dan keringat yang banyak bisa memicu kekurangan cairan yang berakibat pada dehidrasi. Oleh karena itu, ibu hamil yang mengalami demam disarankan tetap minum air putih yang cukup.

0 Response to "Resep Tradisional Obat Demam Untuk Ibu Hamil Muda"

Poskan Komentar