Seputar Masalah Batuk Pada Ibu Hamil: Solusi dan Obat

Advertisement
Obat batuk yang beredar luas di pasaran tidak semuanya cocok untuk ibu hamil, lalu sebenarnya Ibu hamil batuk minum obat apa? Tentu saja khusus untuk ibu hamil yang menderita batuk, perlu memperhatikan berbagai hal sebelum mengkonsumsi obat batuk. Selain demi menjaga kesehatan janin, hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya efek negatif yang ditimbulkan oleh unsur yang terdapat dalam obat. Bahkan, dengan melihat penyebabnya, tidak semua gejala batuk pada ibu hamil perlu disembuhkan dengan obat. Namun, batuk yang diderita oleh ibu hamil juga perlu penanganan yang cepat dan tepat agar batuk tersebut tidak menimbulkan masalah yang memberikan pengaruh buruk pada janin dan ibu.
obat ibu hamil batuk
air putih untuk batuk pada ibu hamil

Batuk pada Ibu Hamil

Ibu hamil mudah terserang batuk karena terjadinya perubahan kapasitas rongga perut yang mengakibatkan perubahan pada kapasitas rongga dada. Selain itu, keadaan tersebut juga bisa dipicu hal-hal lain seperti infeksi dan alergi. Jika batuk ini diderita ibu hamil terus-menerus, tentu saja berakibat buruk pada kondisi ibu dan janin. Karena itulah, ibu hamil perlu membiasakan pola hidup sehat dengan tidak merokok, olahraga ringan secara rutin, dan mengatur posisi tidur dengan kepala yang lebih tinggi daripada badan.

Mengatasi Batuk tanpa Obat

Untuk batuk yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, ibu hamil tak perlu mengkonsumsi obat untuk menyembuhkannya, misalnya karena iritasi ringan. Untuk mengatasi batuk yang disebabkan karena iritas ringan ini, ibu hamil cukup mengkonsumi air putih yang lebih. Selain itu, untuk batuk yang disebabkan oleh alergi, ibu hamil cukup menghindari penyebab alergi, misalnya debu, udara dingin, atau makanan-makanan yang menyebabkan alergi.

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Jika batuk yang diderita ibu hamil disebabkan oleh infeksi, maka ibu perlu meminum obat dengan memperhatikan obat yang aman dikonsumsi ibu hamil. Tidak semua obat yang dijual di pasaran cocok untuk ibu hamil dan aman untuk bayi. Oleh karena itu, perhatikan kontraindikasi obat batuk yang tertera pada bagian keterangan obat. Untuk lebih amannya, ibu hamil perlu mengkonsultasikannya pada dokter atau bidan.

Obat untuk mengatasi batuk yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dibuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Obat-obat herbal ini berbeda dengan produk-produk yang menggunakan bahan kimia untuk mengatasi batuk pada penderita biasa. Sebelum mengkonsumsi obat tersebut, ibu hamil perlu memperhatikan kandungannya, tetapi bila ragu jangan segan untuk bertanya pada dokter. Obat-obatan yang mengandung senyawa dextrometrophan dan glyceril guayacolat merupakan obat pilihan yang tepat untuk ibu hamil karena tidak membahayakan janin.

0 Response to "Seputar Masalah Batuk Pada Ibu Hamil: Solusi dan Obat"

Poskan Komentar