Tips Dan Manfaat Senam Ibu Hamil Tua

Advertisement
Setiap pagi hari di perkotaan kita sering melihat masyarakat melakukan senam secara bersama-sama dengan iringan musik yang bersemangat. Senam selain untuk meningkatkan kesehatan, ternyata dapat menjadi obat penghilang stres, jenuh dan bosan.

Maka bergembiralah ibu hamil yang sudah rutim melakukan olahraga senam sebelum masa kehamilan. Senam merupakan olahraga yang dianjurkan untuk ibu yang mengandung. Manfaat senam sangat baik dalam menyehatkan tubuh ibu dan bayi tercinta, bahkan senam akan memperlancar proses persalinan yang akan dijalani di masa akhir kehamilan.

Manfaat Senam Bagi Ibu Hamil Tua

Senam menjadi salah satu pilihan terbaik bagi ibu hamil tua yang ingin relaks dan sehat, karena gerakan senam yang ringan akan resiko pada masa melahirkan. Senam hamil telah dikenal semenjak tahun dahulu, dan populer di Indonesia pada tahun 90-an.

Senam pada masa hamil tua mempunyai serangkaian gerakan fisik yang sangat cocok bagi ibu hamil, supaya bunda memperoleh otot-otot yang terlatih untuk mempermudah proses persalinan, beberapa otot itu semisal tulang panggul dan otot paha. Senam bagi ibu hamil seharusnya dilatih dan dibimbing oleh guru senam yang ahli atau profesional, dengan harapan tidak ada kesalahan fatal pada latihan senam yang akan dikerjakan secara rutin.
Senam Ibu Hamil Tua
Ilustrasi : Senam Bagi Ibu Hamil Tua

Larangan Senam Bagi Ibu Hamil Tua

Senam ibu hamil dapat juga dikerjakan pada periode trimester kedua ke atas, akan tetapi bunda harus dalam kondisi yang baik. Beberapa ibu hamil 6 bulan ke atas tidak bisa senam ibu hamil karena beberapa faktor :

1. Ibu mengandung mempunyai riwayat pendarahan pada masa kehamilan yang sedang dijalani atau sebelumnya.

2. Wanita hamil memiliki riwayat melahirkan bayi prematur

3. Ibu hamil ada riwayat kontraksi pada masa kehamilan yang sedang dialami.

Janganlah bumil memaksakan diri untuk mengikuti senam hamil karena dikhawatirkan akan meningkatkan resiko pendarahan dan keguguran, atau masalah lainnya.

Tips Senam Ibu Hamil Tua

Anda akan dikenalkan beberapa jenis pernapasan yang akan berguna pada masa persalinan, yaitu pernafasan diaframa, dada, dan perut. 3 jenis pernafasan ini akan mempermudah proses persalinan jika bunda melatihnya dengan giat dan rutin. Jangan malas ketika senam pada masa hamil terakhir karena Anda akan terbantu pada waktunya nanti.

Senam hamil tua harus dimulai dengan gerakan peregangan yang ringan dan aman bagi janin di perut. Peregangan akan melemaskan otot-otot yang tegang karena ada keluhan keluhan karena perut semakin besar semisal rasa capek di pinggang dan punggung, kram, dan nyeri persendian. Jangan terlalu memaksakan diri ketika melakukan peregangan karena tidak baik ketika bunda malah salah urat atau kesleo.

Demikian bahasan kami tentang tips dan manfaat senam ibu hamil tua, semoga menambah ilmu Anda.

0 Response to "Tips Dan Manfaat Senam Ibu Hamil Tua"

Poskan Komentar