Tips Persiapan Mental Dan Fisik Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Advertisement
Siapa pun tahu bagaimana rasa sakit saat proses persalinan ibu hamil. Persalinan adalah salah satu fase kehamilan yang ditungguh untuk melihat wajah bayi tercinta, sekaligus sebagai tugas terakhir dan terberat bagi bunda. 9 bulan wanita mengandung telah menyiapkan tenaga dan mental untuk mengerjakan dengan kondisi maksimal.

Tips Persiapan Mental Ibu Hamil Menjelang Persalinan
 
Proses kelahiran bayi pasti ada rasa nyeri, sakit, kram, capek, lemas, ngantuk, lelah, dan tegang. Mayoritas perempuan akan mempunyai persepsi bahwa saat persalinan adalah saat yang paling mengerikan seumur hidup. Anda harus menganggap keadaan di atas adalah sebuah kodrat yang akan dialalui setiap insan hawa.

Beberapa hal yang dapat memberikan Anda kekuatan mental pada saat persalinan yaitu :
  1. Ilmu agama yang tinggi tentang pahala yang diterima ibu saat masa persalinan.
  2. Pengetahuan bunda tentang persalinan yang aman.
  3. Kondisi kesehatan ibu hamil dan janin yang baik.
  4. Dukungan dari suami, saudara, orangtua, dan semua orang yang dekat dengan Anda.
  5. Selalu meminta ampunan pada Tuhan dan berdoa supaya persalinan cepat, mudah, lancar dan aman.


persalinan ibu hamil
Ilustrasi : persalinan ibu hamil

Tips Persiapan Fisik Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Tips persiapan fisik ibu hamil untuk persalinan di bawah ini dapat diikuti supaya proses kelahiran bayi lebih baik :
  1. Tubuh yang bersih dan segar akan memberikan banyak manfaat pada saat persalinan. Bunda bisa mandi dengan membersihkan seluruh anggota badan. Hal itu bermaksud agar tidak ada bakteri, virus dan kuman yang menggangu pada masa persalinan. Infeksi pada ibu setelah melahirkan dan bayi dapat dicegah.
  2. Wanita yang melahirkan dapat memperoleh kenyamanan ketika tidak terkendala dengan buang air besar. Jika perut sudah merasa kebelet maka segera BAB agar pada saat melahirkan tidak terkendala.
  3. Dianjurkan untuk mencukur sebagian bulu kemaluan, terutama pada daerah sekitar anus agar proses penjahitan lebih mudah.
  4. Seringlah jalan kaki dengan jarak yang pendek dan singkat agar tubuh tidak kaku.
  5. Makan dan minum makanan yang sehat pada persalinan, dan jangan memakan makanan dengan bau tidak sedap, semisal bawang, petai atau jengkol.

Itulah ulasan tentang tips persiapan mental dan fisik ibu hamil menjelang persalinan, ikuti tips di atas agar persalinan lebih mudah, cepat, dan aman.

0 Response to "Tips Persiapan Mental Dan Fisik Ibu Hamil Menjelang Persalinan"

Poskan Komentar