Ibu Hamil Bolehkah Makan Es Krim?

Advertisement
Ibu hamil bolehkah makan es krim menjadi salah satu topik pembicaraan seputar dunia kehamilan yang sering dipertanyakan oleh para ibunda yang khawatir dengan kandungan yang terdapat dalam es krim. Es krim memang menjadi salah satu jenis makanan yang masih problematik karena ada es krim mengandung kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang janin, tetapi di sisi lain makanan yang memiliki tekstur lembut dan ini juga memiliki kandungan lemak yang tidak sedikit. Karena itulah, sebelum menyantap es krim ibu hamil perlu menyimak mengenai sisi positif dan negatifnya.


Sisi positif mengonsumsi es krim

Sebagai salah satu variasi makanan dengan cita rasa yang menggugah selera dan kandungan susu yang melimpah, es krim memiliki beberapa kandungan yang baik untuk calon buah hati maupun untuk ibunda, yaitu:
  • Kandungan kalsium yang terdapat dalam es krim memberikan efek positif yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada calon buah hati.
  • Rasanya yang manis dengan sensasi dingin dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi ibu hamil yang mengalami masalah pada kurangnya nafsu makan maupun mual dan muntah.
  • Es krim memiliki kandungan protein yang baik untuk tumbuh kembang janin.
Sisi negatif mengonsumsi es krim

Meski memiliki sisi positif, konsumsi es krim yang berlebihan tentu dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang dapat berpengaruh terhadap ibu  maupun keadaan janin, apalagi jika ibu tidak memerhatikan kandungan yang terdapat dalam es krim yang dijual di pasaran. Tiga risiko yang bisa dialami ibu jika mengonsumsi es krim secara tidak wajar adalah:
  • Es krim dengan kandungan gula yang tinggi mengakibatkan ibu hamil berpotensi mengalami diabetes pada masa kehamilan.
  • Kandungan lemak tinggi dalam es krim yang dikonsumsi secara terus menerus akan meningkatkan risiko obesitas pada ibu.
  • Es krim yang diolah dalam lemari pendingin yang tidak steril berisiko terkontaminasi oleh bakteri berbahaya bernama Listeria (jenis bakteri yang mampu hidup pada suhu dingin) yang dapat menyerang janin melalui plasenta.
Beragam sisi positif dan negatif di atas dapat menjadi gambaran mengenai masalah boleh atau tidaknya ibu hamil mengonsumsi es krim. Secara garis besar, es krim tidak membahayakan kesehatan maupun kehamilan ibu asalkan dikonsumsi secara wajar dan dalam porsi yang tepat, misalnya 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, ibu yang sedang mengandung juga perlu mempertimbangkan jenis es krim yang dipilih, yaitu dengan memerhatikan kandungan es krim yang harus berupa susu pasteurisasi untuk mencegah adanya bakteri berbahaya.

0 Response to "Ibu Hamil Bolehkah Makan Es Krim?"

Poskan Komentar