Alasan Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Cabut Gigi ?

Advertisement
Sering kali bunda bertanya alasan kenapa ibu hamil tidak boleh cabut gigi ? Alasan medisnya ialah untuk kesehatan dan keselamatan janin yang berada di dalam kandungan karena mencabut gigi selama masa kehamilan memiliki resiko untuk terjadi kontraksi.

Memang benar banyak bunda yang mengalami masalah pada gigi, dan penanganan medis pun harus dilakukan ketika pengobatan secara tradisional tidak kunjung menemukan hasil. Akan tetapi apabila wanita sedang mengandung, bagaimanakan penanganan medisnya ?



Para ahli kandungan dan kesehatan memberikan batasan-batasan terhadap penangan medis bagi ibu hamil, dan lebih khususnya pada cabut gigi.

Ibu Hamil Dengan Gigi Berlubang


Sangat berbahaya memang ketika bunda mempunyai kebiasaan tidak membersihkan gigi dengan cermat karena sisa makanan yang membusut akan membuat gigi berlubang kecil kemudian menjadi besar. Para dokter gigi pada umumnya membagi gigi berlubang menjadi 3 tahap di antaranya yaitu :

Gigi berlubang tahap 1 = belum mencapai saraf gigi.

Gigi berlubang tahap 2 = telah mencapai saraf gigi.

Gigi berlubang tahap 3 = sudah terjadi infeksi pada bagian bawah (akar) gigi dan terjadi pembengkakan.

Apabila gigi berlubang dibiarkan begitu saja bisa memberikan dampak negatif atau risiko kepada janin. Gigi berlubang akan menjadi rumah atau sarang kuman berkembangbiak, kemudian kuman-kuman itu masuk ke dalam pembuluh darah kemudian ke plasenta yang akhirnya mengganggu tumbuh kembang janin. Bahkan pada kondisi parah akan mengakibatkan kelahiran prematur, keguguran, kecacatan janin atau janin rusak.

Kuman yang masuk ke dalam pembuluh darah juga bisa beresiko memperburuk kondisi jantung ibu hamil yang mengantarkan pada keadaan kematian.



Cara Mengatasi Gigi Berlubang Ibu Hamil


Apabila infeksi pada ibu hamil terkategori tahap ringan bisa dilakukan penambalan gigi sementara supaya bisa mencegah kondisi gigi yang lebih parah lagi. Gigi berlubang tentu membuat ibu hamil tidak selera makan karena susah dalam mengunyah makanan dan membuat tidur tidak nyenyak karena sakit gigi yang luar biasa.

Namun apabila gigi berlubah telah pada tahap 3 yang diketahui telah terjadi pembengkakan maka dokter gigi akan membersihkan saluran akar gigi hingga hilang sumber infeksi dan akan dilanjutkan dengan penambalan sementara. Jika kondisi ibu hamil sehat dan kuat maka boleh melakukan penambalan permanen.

Ibu Hamil Mencabut Gigi Berlubang

Kami sangat menyarankan supaya ibu hamil tidak cabut gigi baik itu awal atau akhir kehamilan karena akan menyebabkan konstraksi meskipun sudah diberikan obat bius maka tetap saja tekanan, rasa ketakutan dan stres bisa saja menimbulkan kontraksi.

Akan tetapi apabila keadaan gigi berlubang ibu hamil itu darurat atau terpaksa harus dicabut maka maka dokter akan melakukan cabut gigi setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Sekian jawaban alasan kenapa ibu hamil tidak boleh cabut gigi ? Bunda mulai dari sekarang harus rajin gosok gigi setiap hari supaya tidak terjadi gigi berlubang semasa kehamilan !

0 Response to "Alasan Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Cabut Gigi ?"

Poskan Komentar