Alasan Mengapa Ibu Hamil Muda Sering Kentut ?

Advertisement
Bunda sering bertanya mengapa ibu hamil muda sering kentut ? Jawabannya ialah hal itu adalah hal yang wajar disebabkan karena perubahan bentuk tubuh dan badan yang semakin berisi serta makan makanan bergizi yang semakin besar.

Semua orang pasti mengentut dalam sehari karena membuang gas dalam perut merupakan tanda bagi orang yang sehat. Akan tetapi bagi bumil muda sering kali mengentut terlalu sering dalam sehari kadang menjadi masalah terutama buang gas pada waktu kegiatan berkumpul bersama teman dan keluarga.

Alasan mengapa ibu hamil muda sering kentut ?

Menurut pakar kesehatan bahwa setiap orang mempunyai kurang lebih 500 cc gas di dalam perutnya, dan gas dalam perut itu harus dibuang dari tubuh dengan beberapa jalan. Salah satunya jalannya ialah dengan kentut / buang gas antara 14 hingga 20 kali setiap hari, dan sering kali buang gas ini dilakukan tanpa sengaja.

Alasan ibu hamil muda sering kentut atau buang gas disebabkan gas dalam perut bumil naik secara signifikan karena beberapa alasan yaitu rahim yang mengembang karena ada janin yang tumbuh kembang di sana sehingga ruangan dalam perut menjadi sempit sehingga 500 cc gas tidak dapat bertahan lama di dalam perut dan segera dibuat lewat kentut.



Bahkan banyak bumil yang bertambah nafsu makan makanan begizi semisal buah-buahan, sayuran, susu kambing/sapi yang mempunyai kandungan yang bakal menambah produksi gas dalam perut bunda.

Badan dalam tubuh manusia tidak mempunyai enzim khusus dalam menyerap partikel gula sehingga partikel itu berjalan ke usus besar yang merupakan rumah bagi bakteria tubuh yang berfungsi mencerna gula untuk dirubah menjadi karbondioksida, metana dan hidrogen. Zat ini menghasilkan gas kemudian mencari jalan supaya dapat keluar dari badan, dan salah satu jalan ialah via rektum atau buang gas.

Alasan bumil sering ketut yang lainnya ialah ketika ibu hamil menelan makanan dalam tenggorokan maka ada udara ikut masuk ke dalam tubuh. Sebagian besar udara yang masuk ke tubuh kemudian keluar lewat aktifitas sendawa, akan tetapi ada sebagian udara yang masih ada di dalam tubuh yang kemudian dikeluar lewat buang gas.

Cara mengatasi bumil sering kentut ialah dengan memilih makanan yang tidak membuat perut kembung dan buang angin, ada cara lainnya dengan mengkonsumsi antacid yang sudah dijual bebas di pasar yang berfungsi membuat produksi gas dalam perut menjadi sedikit.

Yup itulah beberapa alasan mengapa ibu hamil muda sering kentut ? Kami harap bunda memahami dan menjalankan tips mengatasinya, selamat mencoba.

0 Response to "Alasan Mengapa Ibu Hamil Muda Sering Kentut ?"

Poskan Komentar