Apa Ibu Hamil Boleh Jongkok ?

Advertisement
Tidak sedikit bunda yang bingung ketika menjawab pertanyaan apa ibu hamil boleh jongkok ? atau amankah memakai toilet model jongkok pada saat mengandung ? Para ahli kandungan sebenarnya memperbolehkan bumil jongkok namun disertai beberapa syarat semisal tidak boleh jongkok terlalu lama karena akan membuat janin merasa sesak karena terhimpit oleh paha yang menempel pada perut bunda.

Posisi jongkok memang sering kali diperlukan untuk beberapa kegiatan atau pekerjaan rumah tangga semisal mengepel, membersihkan noda di karpet atau lantai dan lainnya. Kebanyakan model WC di tanah air adalah model jongkok yang mudah ditemukan di rumah warga pedesaan maupun perkotaan.

Bumil pada masa hamil muda sampai tua akan pergi pipis ke kamar mandi dengan frekuensi tinggi yang membuat mereka merasa khawatir akan terjadi hal yang buruk bagi janinnya. Perempuan hamil juga mengalami perubahan hormon tubuh sehingga menjadikan mereka sulit pipis yang berakibat bumil mendekam di kamar kecil dalam waktu yang lama.

Beberapa wanita mengandung merasa resah dan khawatir ketika menggunakan toilet model jongkok karena banyak mitos atau cerita burung yang mengatakan posisi ini berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, namun malah sebaliknya posisi jongkok malah disarankan oleh sangat dianjurkan oleh para ahli kehamilan di dunia !

Para ahli kandungan menyatakan bahwa posisi jongkok malah sangat baik dan aman bagi ibu hamil dikarenakan posisi itu apabila dikerjakan secara rutin bisa membuat otot-otot perut dan paha dalam lebih kuat dan siap untuk melewati persalinan alami tanpa operasi cesar.

Jika dipandang dari segi kebersihan maka wc model jongkok lebih bersih dan higienis daripada wc model duduk, hal itu karena bagian tubuh bumil yang menyentuh toilet model jongkok hanya telapak tangan saja.

Ditambah lagi latihan jongkok akan memberikan kelahitan alami yang sangat baik bagi janin disebabkan jalan lahir bakal terbuka secara sempurna dengan menggunakan posisi jongkok. Para peneliti kesehatan menganjurkan ibu hamil supaya latihan jongkok dalam masa kehamilan untuk mendapatkan elastisitas persalinan yang bagus sehingga bisa membuka lebih lebar 30%.

Sekian jawaban apa boleh ibu hamil jongkok yang sering ditanyakan oleh wanita mengandung karena keresahan mereka terhadap kesehatan janin tercinta yang ada di dalam rahim, semoga ulasan ini bermanfaat ya bunda !

1 Response to "Apa Ibu Hamil Boleh Jongkok ?"