Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang ?

Advertisement
Anda yang sedang mengandung janin tercinta tentu memiliki banyak kesibukan, selain kesibukan merawat kandungan dan persiapan melahirkan ternyata banyak kesibukan yang merupakan kegiatan penting untuk dikerjakan, salah satunya ialah berpergian untuk menghadiri momen penting semisal pernikahan, menjenguk keluarga yang sakit dan lainnya.

Akan tetapi kadang kegiatan itu mempunyai jarak tempuh yang sangat jauh sehingga Anda berpikir untuk menggunakan alat transportasi paling cepat dan nyaman, setelah memikirkannya lama maka diperoleh pilihan terbaik yaitu pesawat terbang. Sekarang tinggal mencari jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil naik pesawat terbang ?

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang
Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang ?

Ibu Hamil Boleh Naik Pesawat Terbang


Sebenarnya ibu mengandung diperbolehkan naik pesawat terbang, apalagi naik pesawat komersil yang ternama semisal Garuda, Lion Air, AirAsia dan seterusnya. Meskipun Anda merasa was-was karena sedang mengandung janin tercinta, ibu hami aman naik pesawat terbang asalkan memperhatikan beberapa hal penting terkait dengan berbagai keluhan yang menyertai kehamilan.

Organisasi kebidanan dan kandungan di Amerika Serikat mengungkap sebuah studi yang menyatakan bahwa perjalanan jauh naik pesawat bagi ibu hamil masih tergolong aman dengan beberapa syarat di antaranya :

  1. Tidak terlalu sering naik pesawat selama masa kehamilan.
  2. Memperhatikan kondisi tubuh ibu untuk yang mengandung di bawah usia 36 minggu.
  3. Tidak mempunyai komplikasi semasa kehamilan.
  4. Mempertimbangkan riwayat kesehatan
  5. kehamilan kembar mempunyai resiko tinggi ketika naik pesawat dibandingkan kehamilan tunggal.
  6. Waktu penerbangan di bawah 4 jam.


Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang Garuda dan Lion Air


Selalu konsultasi dengan dokter kandunga atau bidan ketika akan naik pesawat terbang dengan tujuan mendapatkan pertimbangan atau kebijakan setelah dilakukan pemeriksaan dan diagnosa yang terliti dan cermat. Keterangan dari bidan atau dokter kandungan selama check in akan dimita oleh perusahaan maskapai penerbangan.

Seperti yang kita ketahui beberapa maskapai penerbangan swasta di negeri telah menetapkan kebijakan yang berlainan terkait dengan perijinan usia kehamilan untuk menggunakan jasa mereka. Perijinan perjalanan pesawat bagi ibu hamil itu berlainan dikarena masing-masing perusahaan maskapai mempunyai ahli kesehatan dan kandungan yang mempunyai hasil berbeda terkait dengan masalah ini.

Sebelum ibu hami naik pesawat Garuda atau Lion Air harus mengisi formulir khusus ibu hamil terlebih dahulu sebelum mendapatkan tiket atau naik ke pesawat.

Ibu hamil naik pesawat terbang Garuda dan Lion Air

Keluhan Kehamilan Yang Diperhatikan Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang


Bunda harus selalu memperhatikan usia kandungan dan tanpa keluhan sebelum menetapkan menggunakan transportasi udara ini, terutama pada trimester pertama kehamilan maka ibu mengandung dinyatakan aman naik pesawat apabila tidak sedang mendapati keluhan seperti mual, muntah-muntah dan morning sickness serta kelelahan.

Apabila ibu hamil mendapati keluhan trimester awal kehamilan maka kami sarangkan supaya segera berkonsultasi pada dokter dan bidan untuk mendapatkan obat yang mujarab dan aman dikonsumsi sebelum naik pesawat terbang.

Ibu hamil trimester kedua kehamilan naik pesawat terbang akan aman apabila tidak mendapati keluhan lagi, dan kita ketahui bahwa janin sudah berkembang dan kuat menempel pada rahim.

Untuk ibu hamil trimester ketiga kehamilan naik pesawat terbang maka ada beberapa kebijakan berlainan dari maskapai penerbangan swasta di negeri ini.



Tips Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang


Kami share tips ibu mengandung naik pesawat terbang supaya mendapatkan keselamatan dan keamanan di antaranya yaitu :

  1. Bunda sebaiknya memesan tiket pesawat pada tempat duduk di lorong pesawat dengan tujuan agar mudah untuk ke kamar kecil ketika mendapati keluhan kehamilan semisal mual, muntah ataupun sekedar buang air kecil.
  2. Pembekuan darah adalah resiko naik pesawat terbang sehingga Anda sangat disarankan untuk mengenakan stocking.
  3. Jangan duduk terlalu lama di kursi pesawat terbang, cobalah bunda untuk berjalan-jalan di lorong meskipun sebentar saja.
  4. Perbanyak minum air putih sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Sekian jawaban dari pertanyaan yang sering diutarakan bunda terkait dengan bolehkah ibu hamil naik pesawat terbang ? semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kandungan dan janin Anda.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang ?"

Poskan Komentar