Kenapa Ibu Hamil Lebih Sering Buang Air Kecil ?

Advertisement
Banyak bunda yang menanyakan kenapa ibu hamil lebih sering buang air kecil ? Hal itu karena memang sebagian besar bumil mengalami semakin tingginya intensitas kencing dalam sehari, bahkan ada wanita mengandung yang ke kamar kecil puluhan kali karena permasalahan ini.

Gejala bumil sering buang air kecil ini bisa saja terjadi sebelum bunda mengetahui bahwa diri Anda sudah menjadi tempat tumbuh kembang janin yang bakal menjadi bayi kesayangan di masa depan. Peningkatan kebiasaan buang air kecil pada umumnya diawali di masa trimester pertama atau lebih tepatnya pada minggu keenam sampai nanti masa trimester pertama selesai. Pada kasus tertentu, perempuan hamil bisa saja mendapati sering buang air kecil sampai usia kehamilan 12 s/d 14 minggu. 

 

Berikut kami paparkan penyebab ibu hamil sering buang air kecil bagi para pembaca budiman di antaranya yaitu :

1. Volume darah mengalami peningkatan.

Apabila volume darah bumi meningkat maka bisa mengakibatkan cairan lebih banyak menuju ginjal, cairan itu setelah diproses ginjal akan keluar dari badan bumil dalam aktifitas buang air kecil. Volume darah yang meningkat pada umunya pada area sekitar panggul, bahkan volume darah yang tinggi bisa membuat kandung kemih menjadi penuh cairan sehingga harus dikeluarkan lebih banyak dan sering.

2. Ginjal dan saluran kemih mengalami pembesaran.

Ibu hamil biasanya mengalami pembesaran pada ginjal dan saluran kemih sehingga kadar hormon progesterone meningkat, hal itu terjadi pada masa calon janin pertama kali tertanam pada dinding rahim. Pembesaran ukuran rahim membuat kandung kemih terdesak karena terletak persis di bawah rahim. Hal ini membuat daya tampung kandung kemih semakin sedikit kemudia membuat cairan didalamnya dikeluarkan dalam intensitas yang tinggi.

3. Diabetes kehamilan

Wanita mengandung bisa mengalami diabetes yang akan membuat tubuh sering kencing atau bolak-balik ke kamar kecil.

Tips cara mengatasi ibu hamil sering buang air kecil yaitu :

  1. Jangan mengkonsumsi minuman yang dapat membuat air kemih lebih banyak semisal kopi, teh dan soda.
  2. Bunda meminum air putih lebih banyak di siang hari, kemudia minum air putih sedikit dikurangi di malam hari. hal ini supaya bunda tidak terganggu tidurnya karena bolak-balik ke kamar mandi untuk kencing. Bolak balik ke kamar mandi pada siang hari tidak akan terlalu melelahkan bagi bumil.
  3. Proses buang air kecil yang dilakukan harus membuat cairan di kandung kemih terbuang semua atau tuntas.
  4. Buang air kecil pada saat sebelum berpergian atau belanja ke pasar supaya bunda tidak repot mencari kamar kecil di perjalanan.
Apabila bunda merasa buang air kecil lebih sering dan merasakan panas maka itu bisa jadi gejala infeksi saluran kemih, maka saran kami segera datang ke dokter kandungan yang dipercaya.

0 Response to "Kenapa Ibu Hamil Lebih Sering Buang Air Kecil ? "

Poskan Komentar