Perkembangan Ibu Hamil 38 Minggu

Advertisement
Perkembangan ibu hamil 38 minggu atau telah masuk trimester ketiga maka terjadi perubahan signifikan pada berat badan bunda. Mayoritas bumil pada minggu 38 akan merasakan ada semacam ‘aliran listrik’ yang mengalir di bagian bawah kaki dan pada alat reproduksi, hal itu dikarenakan janin muai menekan saraf ketika dirinya mendekam pada bagian panggul.

Perkembangan Ibu Hamil Pada 38 Minggu Kehamilan
Jangan heran pada minggu 38, ibu hamil akan merasakan kontraksi palsu atau disebut dalam istilah medis sebagai Braxton-Hicks, kontraksi palsu ini terjadi beberapa kali dan tidak teratur serta memberikan dampat rasa sakit pada bunda. Kontraksi palsu memberikan sakit pada area punggung, pinggul dan perut bagian bawah serta panggul bunda. 



Bunda perlu tahu bahwa kontraksi nyata (kontraksi persalinan) ialah rasa sakit akan dirasakan pada bagian atas rahim kemudia terus menyebar ke semua area rahim, rasa sakit kontraksi kemudian berlanjut ke area punggung bumil dan lari ke area panggul.

Rasa sakit dan nyeri yang dirasakan pada kontraksi persalinan yang sebenarnya pada umumnya bakal berkarakter progresif pada kekuatan dan lamanya waktu kontraksi, bunda dan dapat mengatasi rasa sakit ini meskipun merubah posisi tidur, duduk atau berdiri. Saran paling baik ialah bunda segera datang ke dokter kandungan terpercaya untuk mengetahui perbedaannya.

Perkembangan Janin Atau Bayi Pada 38 Minggu Kehamilan
Bayi yang bertambah kurang lebih 1 ons/hari. Bayi mungil bumil juga mulai pipis (buang air kecil) dan belajar bagaimana cara praktek bernapas. Janin bunda pun sudah mempunyai mekonium (BAB pertama) yang terdapat pada ususnya.

Paru-paru janin di dalam rahim sudah mulai kuat dan akan terus berkembang, dan genggaman jari-jemari janin juga terasa lebih kuat dari masa Trisemester kedua. Ukuran normal bayi pada minggu 38 ialah kurang lebih 3,083 kilogram serta mempunyai ukuran panjang kurang lebih 49 8 centimeter.

Tips Ibu Hamil 38 Minggu Kehamilan
Mayoritas ibu mengandung pada usia kehamilan 38 minggu akan hilang nafsu makannya, hal itu dikarenakan badan yang lelah dan capet, rasa sakit dan pembengkakan pada tubuh bumil. Ibu mengandung harus berusaha melawan dengan terus menjaga asupan gizi atau nutrisi.

Kami akan share tips cara mengatasi nafsu makan berkurang pada usia hamil 38 minggu dengan makanan ringan sebagai berikut:

1. Makanan ringan semisal kismis, pisang dan buah kering untuk memberikan asupan zat kalium, zat besi dan zat magnesium

2. String keju untuk mendapatkan kandungan protein dan kalsium

3. Kerupuk sehat untuk mendapatkan serat

4. Buah getar dengan bahan susu skim dan yogurt untuk memberikan asupan gizi berupa vitamin, kalsium dan mineral.

Demikian artikel perkembangan ibu hamil 38 minggu yang semoga memberikan pengatahuan bermanfaat dan tips berharga buat bumil.

0 Response to "Perkembangan Ibu Hamil 38 Minggu "

Poskan Komentar