Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri

Advertisement
Sebagian besar ahli kandungan menyarankan senam ibu hamil di rumah sendiri bagi bunda yang menginginkan kualitas kesehatan diri dan janin semakin baik. Senam bumil yang benar akan mempermudah proses kelahiran dikarena setiap gerakan senam menguatkan otot-otot tubuh yang diperlukan untuk melahirkan bayi.

Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri
Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri


Perlu bunda ketahui bahwa senam mempunyai banyak sekali gerakan-gerakan, mulai dari gerakan senam yang super cepat hingga sangat lambat, gerakan senam yang begitu berat hingga paling ringan. Maka dari itu hanya ada beberapa gerakan senam yang baik untuk ibu hamil lakukan di rumah secara mandiri.

Contoh Gerakan Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri

Setiap perempuan mengandung tentu ingi terlihat bugar dan sehat sehingga tidak ada gosip dari tetangga yang mengatakan diri kita malas merawat diri sendiri dan tidak memperhatikan kesehatan jabang bayi di dalam perut. Kami share buat bunda 5 gerakan senam ibu hamil yang aman bisa dikerjakan sendiri di rumah Anda yaitu :

1. Senam kegel

Senam Kegel termasuk senam yang populer bagi ibu hamil yang sedang mempersiapkan proses kelahiran bayi, senam ini terdiri dari gerakan perenggangan dan gerakan memperkuat panggul bunda. Senam khusus bagi ibu hamil akan menguatkan otot-otot tubuh pada area rektum, rahim, uretra dan kandung kemih. Gerakan senam kegel bisa dilakukan dengan duduk santai ataupun berdiri. Tidak perlu lama senam kegel dilakukan cukup 5-10 detik, latihan gerakan senam ini bagus dikerjakan 4 kali setiap hari.

2. Jalan kaki

Tidak ada olahraga yang lebih baik daripada jalan kaki bagi setiap orang, bunda yang suka jalan kaki semasa kehamilan dapat mempercepat proses atau waktu persalinan bayi. Seringlah jalan kaki di pagi atau sore hari di waktu trisemester ketiga membuat posisi bayi pada jalur lahir yang baik.

3. Senam Jongkok

Senam jongkok akan membuat ibu hamil lebih sehat karena gerakannya memposisikan punggung lurus dan digerakkan ke posisi jongkok secara perlahan-lahan, cobalah untuk mentahan posisi jongkok 10 detik kemudian lanjutkan kembali ke posisi awal (berdiri). Apabila gerakan jongkok-tahan ini dilakukan 3-5 kali sehari maka otot paha dan otot panggul akan menjadi lebih kuat untuk memudahkan proses persalinan.

4. Gerakan panggul miring

Senam bumil dengan cara memiringkan panggul bisa menguatkan otot-otot yang berada di area perut dan sekaligus bisa memperingat rasa sakit pinggang pada masa trimester 3 kehamilan. Ad juga bisa mencoba posisi merangkak dengan kepala disejajarkan dengan tinggi punggung. Kemudian Anda menengah ke arah atas sambil menarik- melepas nafas. Gerakan senam ini dilakukan secara santai supaya terasa manfaatnya.

Itulah contoh cara senam ibu hamil di rumah sendiri yang bisa bunda praktekkan secara mandiri atau dibantu suami, semoga kehamilannya sehat ya Bunda !

0 Response to "Senam Ibu Hamil Di Rumah Sendiri"

Poskan Komentar