Bagaimana Cara Mengatasi Kehamilan Kosong ?

Advertisement
Bunda sering memberikan pertanyaan bagaimana cara mengatasi kehamilan kosong ? karena dirinya atau saudaranya mengalami hal yang tentunya tidak menyenangkan ini. Kehamilan kosong atau disebut Blighted ovum merupakan salah satu jenis keguguran yang terjadi karena sel telur yang dibuahi sel sprema sudah menempel di lapisan rahim, akan tetapi embrio ini tidak tumbuh dan berkembang.

Penyebab Kehamilan Kosong



Calon janin berhenti berkembang pada bulan-bulan pertama masa trimester kehamilan, namun kantung embrion terus berkembang beserta dengan plasenta juga akan terus terbentuk. Menurut kedokteran penyebab utama dari kehamilan kosong ialah kelainan kromosom.

Kehamilan kosong menjadi salah satu penyebab utama dari kasus keguguran trimester pertama kehamilan kantung telur dan plasenta yang terus tumbuh membuat sebagian bunda merasakan hal yang normal akan tetapi kebanyakan kehamilan seperti ini berakhir pada usia 6 minggu masa hamil.

Cara Mengatasi Kehamilan Kosong


Kehamilan kosong dapat diketahui secara dini oleh dokter dan bidan yang menggunakan USG sehingga bunda bisa tahu bahwa akan mengalami keguguran.

Mayoritas kehamilan kosong akan berakhir dengan proses keguguran yang terjadi secara alami dengan sendirinya atau tidak perlu kuret. Jika bunda mengalami keguguran maka cara terbaik mengatasi kehamilan kosong ialah dengan membiarkan tubuh bunda melakukan pekerjaan secara alami dalam membersihkan isi perut atau rahim, daripada memilih jalan operasi kuret.

Cara Mencegah Kehamilan Kosong


Sudah dijelaskan tadi bahwa kehamilan kosong merupan salah satu penyebab utama keguguran pada masa trimester awal sehingga sulit mencegah hal ini terjadi pada bunda. Namun ada cara mencegah kehamilan kosong dengan membuat Anda dan suami memproduksi sel telur dan sperma yang sehat dan baik.

Para dokter kandungan menjelaskan bahwa sel telur dan sperma berkualitas buruk menjadi penyebab kelainan kromosom yang akan mengakibatkan kehamilan kosong, cacat lahir pada bayi dan peningkatan resiko keguguran. Berikut tips cara mencegah kehamilan kosong yaitu :
  1. Konsumsi makanan bergizi dan melakukan diet sehat
  2. Berolahraga setiap hari paling tidak 20 menit sehari dan 4 kali dalam seminggu
  3. Konsumsi seluruh makanan multivitamin yang disarankan dokter kandungan
  4. Jalankan saran dokter dalam memperbaiki kesehatan sel telur
  5. Jalankan saran dokter dalam memperbaiki kesehatan sperma 
Itulah jawaban dari bagaimana cara mengatasi kehamilan kosong yang dapat dipahami dan diterapkan oleh bunda di rumah sendiri, semoga kehamilan bunda sehat dan norma ya !

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Kehamilan Kosong ? "

Poskan Komentar