Tips Cara Mengatasi Kehamilan Sungsang

Advertisement
Cara mengatasi kehamilan sungsang akan menjadi informasi penting bagi bunda yang mendapati masalah ini menjelang masa persalinan. Sebagai seorang calon ibu tentu kehamilan sungsang ini sesuatu yang tidak diinginkan karena ada beberapa resiko yang akan didapat oleh bunda dan bayi ke depan.



Apakah bunda atau saudara mendapati kelahiran sungsang ? Jika iya maka tentu perasaan kita pada waktu itu sangat khawatir dan was-was terhadap keselamatan janin dan diri sendiri. Kehamilan sungsang adalah posisi janin sebelum kelahiran yang tidak normal dimana posisi kepala janin di atas dan posisi bokong atau kaki berada di bawah di dalam rahim ibu.

Penyebab kehamilan sungsang di antara yaitu:

  1. Jika janin di dalam rahim lebih dari satu bayi atau bayi kembar.
  2. Cairan ketuban di sekitar janin yang tidak normal dapat mengakibatkan kehamilan sungsang.
Pada umumnya bunda mendapatkan informasi kehamilan sungsang dari dokter kandungan setelah dilaksanakan pemeriksaan fisik atau USG.

Apakah bisa bayi sungsang lahir tanpa operasi caesar?


Bayi sungsang bisa saja dilahirkan dengan cara normal, bahkan pada beberapa kasus persalinannya lebih aman dan lebih mudah daripada yang diperkirakan banyak orang karena posisi kepala bayi yang lebih dekat dengan jalan keluar (alat reproduksi). Banyak bayi sungsang dapat lahir dengan aman.

Namun ada komplikasi lebih lanjut pada bayi sungsang yang dilahirkan dengan normal dimana bayi sungsang mempunyai ukuran yang sangat kecil, atau bahkan mempunyai kemungkinan cacat lahir yang diakibatkan oleh persalinan sungsang. Pada saat bayi sungsang dilahirkan secara normal maka kemungkinan besar mengalami luka semisal pada bagian pinggul bayi dan tulang paha.

Pada umumnya dokter menganjurkan kelahiran bayi sungsang dilakukan dengan cara persalinan sesar. kelahiran sesar pun mempunyai risiko semisal pendarahan hebat, infeksi dan menetap di RS lebih lama bagi ibu dan bayinya.

Tips Cara Mengatasi Kehamilan Sungsang

Temuilah dokter kandungan bunda secara teratur selama masa kehamilan sehingga dokter kandungan dapat mengetahui apakah bayi di dalam rahim itu sungsang atau tidak ? Dokter kandungan pun akan merencanakan kapan persalinan operasi caesar. Ada juga beberapa dokter yang memberikan solusi berupa latihan yang dilakukan di rumah yang bisa mengubah bayi ke posisi normal.

Beberapa dokter kandungan bisa mengubah posisi janin di dalam rahim bunda dengan menggunakan prosedur yang disebut External Cephalic Version (ECV). Apabila dokter kandungan sukses dengan prosedur External Cephalic Version ini maka kepala bayi tetap di bawah menjelang masa persalinan.

Sekian tips cara mengatasi kehamilan sungsang yang dapat diketahui oleh bunda sekalian, semoga persalinan bayi Anda selamat dan aman.

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Kehamilan Sungsang"

Poskan Komentar