Solusi Ibu Hamil Yang Susah Bab atau Sembelit

Advertisement
Tidak sedikit bunda yang mencari solusi ibu hamil yang susah bab karena masalah ini merupakan masalah yang paling banyak diderita bumil. Bunda yang mengalami sembelit disebabkan hormon progesteron kehamilan membuat gerakan makanan melalui usus melambat.

Bunda perlu tahu Anemia juga dapat menyebabkan sembelit yang menyusahkan ini. Dan ketika bunda mengkonsumsi tablet penambah darah untuk mengobati anemia maka akan membuat sembelit semakin parah.

Bumil yang mengalami sembelit juga karena tubuhnya tidak bergerak atau latihan sehingga seluruh sistem tubuh menjadi lamban dan khususnya pada sistem pencernaan. Proses kehamilan yang membuat bayi semakin besar mengakibatkan peningkatan tekanan pada daerah panggul yang menjadi penyebab sembelit.



Jika bunda mengalami sembelit kronis dan sangat sulit buang kotoran maka akan meningkatkan resiko wasir.

Solusi Ibu Hamil Yang Susah Bab


Susah buang air besar memang tidak menyebabkan komplikasi medis tertentu, namun bunda tentu merasa sangat terganggu dan terlebih sudah menyebabkan wasir berikut tips cara mengatasi ibu hamil susah buang air besar yaitu :

Konsumsi makanan berserat tinggi yang banyak terkandung di sereal buah-buahan dan sayuran, gandum dan roti gandum. Mengkomsumsi serat untuk membantu pencernaan bunda, dengan syarat bunda meminum air setidaknya 1,5 liter (maksimal 2,6 liter) setiap harinya.

Bunda harus menghindari makanan dan minuman yang mengakibatkan bab lebih sulit semisal cabe, teh, kopi, soda dan alkohol. Minuman diuretik bisa jadi menyebabkan dehidrasi dan memperparah sembelit bunda alami.

Bunda jangan mengandalkan mengambil obat kimia untuk mengatasi sembelit, karena bisa saja menurunkan kemampuan tubuh budan dalam menyerap nutrisi dari makanan bergizi yang dimakan.

Ibu mengandung harus tetap aktif melakukan pekerjaan rumah tangga dan berolahraga supaya sembelit tidak datang atau semakin berkurang. Cobalah bunda untuk berjalan, berenang maupun bersepeda. Bisa juga ibu hamil mengikuti senam hamil.

Lakukanlah teknik titik akupunktur yang langsung berhubungan dengan sistem pencernaan bunda yang letaknya berada di tengah-tengah perut bunda. Tempatkan tiga jari di bawah pusar kemudian tekan dengan lembut dan sebentar saja hingga 15 sampai 35 kali, dan ulangi teknik akupuntur ini beberapa kali sehari.

Sekian tips dan solusi ibu hamil yang susah bab (buang air besar) yang dapat segera diterapkan sendiri di rumah untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik

0 Response to "Solusi Ibu Hamil Yang Susah Bab atau Sembelit"

Poskan Komentar