Solusi Kehamilan Plasenta Previa

Advertisement
Apakah bunda pernah mendengar kehamilan Plasenta Previa ? Kemungkinan besar iya bagi Anda yang selalu update berita kesehatan kandungan. Ilahi telah menciptakan plasenta sebagai organ yang memelihara janin selama masa hamil sekligus untuk mengeluarkan kotoran dan memproduksi hormon untuk menjaga kehamilan supaya tetap sehat.

Fungsi Plasenta Bagi Janin dan Bunda


Plasenta sendiri melekat pada dinding rahim yang dilengkapi dengan pembuluh darah yang berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi kepada janin dan mempunyai tugas menghilangkan kotoran dari janin, serta transfer antara ibu dan janin.



Janin yang dikandung oleh bumi itu melekat plasenta pada tali pusat. Melalui tali pusat ini maka janin segala kebutuhan janin untuk berkembang dan tumbuh didapat. Ada beberapa bagian plasenta yaitu satu bagian plasenta beredar pada darah ibu, dan pada bagian lain beredar pada darah janin. Perlu diketahui juga darah ibu dan darah janin pada umumnya tidak tercampur pada plasenta.

Apa Itu Kehamilan Plasenta Previa ?


Plasenta normal yang sehat ialah plasenta yang melekat pada bagian atas rahim buda akan berada jauh bagian leher rahim, sehingga pembukaan akan melewati jalur ini ketika bayi dalam proses persalinan.

Namun pada keadaan yang tidak normal maka plasenta itu berada di bawah rahim, yang sebagian atau sepenuh bagian plasenta menghalangi serviks. Nah kondisi ini disebut pada dunia kedokteran sebagai kehamilan plasenta previa.

Kehamilan plasenta previa pada umumnya diketahui pada masa kehamilan sebelum minggu ke-20 akan tetapi pada umumnya akan membaik atau sembuh. Namun ada penelitian bahwa kasus kehamilan plasenta previa mengakibatkan 90% kehamilan gagal atau hanya 10 % yang bertahan.

Apakah Solusi Untuk Kehamilan Plasenta Previa ?


Bunda harus sering melakukan USG, CT scan atau MRI untuk mengetahui apakah kehamilan yang didapat itu mengalami Plasenta Previa. Ibu hamil salah satu jenis Plasenta Previa pada umumnya akan menjalani histerektomi sesudah proses persalinan bayi supaya plasenta itu tidak terpisah dari rahim.

Perlu bunda tahu bahwa ibu hamil yang mengalami plasenta previa itu sangat sulit melakukan persalinan secara alami atau normal disebabkan akan mengalami pendarahan hebat. Jika Bunda sudah pasti mengalama Plasenta Previa maka harus mencegah terjadinya pendarahan pada diri Anda yaitu :

1. Mengurangi fisik yang diduga akan menyebabkan kontraksi.

2. Bed rest apabila bunda telah mendapati beberapa pendarahan dengan kadar yang tinggi.

3. Pelvic rest artinya bunda tidak lagi melakukan berbagai hal yang berkaitan erat dengan organ reproduksi semisal membersihkan organ reproduksi dengan memakai alat tertentu dan, atau bahkan memakai pembalut.

Solusi kehamilan Plasenta Previa yang cukup kritis adalah dengan membawa ibu hamil ke rumah sakit untuk opname sehingga dokter kandungan akan melakukan perawatan yang lebih baik dengan menggunakan obat-obatan untuk diharap dapat mencegah kontraksi sebelum masa persalinan.

0 Response to "Solusi Kehamilan Plasenta Previa"

Poskan Komentar