Bahayakah Menyusui Saat Hamil Muda ?

Advertisement
Benar adanya kehamilan adalah sebuah nikmat dan anugrah dari Ilahi, akan tetapi sering kali ibu-ibu mengalami kehamilan sundul atau mendapatkan kehamilan sewaktu menyusui. Maka pertanyaan muncul bahayakah menyusui saat hamil muda ? Apakah asi ekslusif itu akan menurunkan kesehatan ibu hamil, janin di rahim serta pada bayi yang masih berusia kurang dari 2 tahun ?

Ada dua pendapat yang sering diambil oleh ibu hamil yang menyusui yaitu pertama, terus menyusui bayinya yang masih di bawah 2 tahun, dan kedua adalah ibu hamil lantas menyapih bayinya setelah yakin bahwa dia mengandung setelah melakukan tes kehamilan positif. Mari kita ulas dua pendapat ini pada artikel seputar menyusui saat hamil muda ini.

Bahayakah Menyusui Saat Hamil Muda ?
Bahayakah Menyusui Saat Hamil Muda ?

Apakah Bahaya Menyusui Saat Hamil Muda ?


Bunda tentu tahu bahwa Air Susu Ibu adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir sampai pada usia penyapiahan karena akan menunjang proses tumbuh dan kembang bayi baik fisik atau kecerdasaannya. Akan tetapi perlu diperhatikan ketika ibu hamil ingin menyusui bayinya ternyata kualitas ASI itu berbeda secara jumlah dan kualitas yang akan semakin menurun seiring bunda masuk pada usia hamil trimester 2.

Apabila moms bersikukuh untuk menyusui saat hamil maka harus memperhatikan asupan nutrisi untuk janin di rahum dengan cara menambah porsi makan dengan makanan yang bergizi tinggi yang baik untuk kelancaran ASI dan nutrisi untuk janin.

Bunda yang menyusui pada saat hamil harus memperhatikan kondisi kesehatan diri sendiri sehingga nantinya janin dan bayi terus terjaga pertumbuhan dan perkembangannya. Dan bayi bunda dianjurkan untuk segera mengkonsumsi makanan pendamping asi semisal bubur, pisang dan lainnya.

Pemberian ASI ekslusif saat hamil muda harus dalam kondisi prima mengingat ibu hamil muda itu mengalami banyak sekali keluhan semisal mual dan munta, morning sickness dan lainnya. Apabila bunda mendapatkan rasa lelah dan capek berlebih menyusui waktu hamil maka segera datang ke dokter kandungan atau bidan supaya didiagnosis dengan tepat yang memperoleh anjuran dan vitamin tambahan untuk membuat tubuh lebih sehat lagi.

Bahaya Menyusui Saat Hamil Muda


Petunjuk Kondisi Menyusui Saat Hamil Muda
  1. Apabila bunda mempunyai riwayat keguguran maka harus tahu betul kondisi kesehatan diri sendiri sehingga ketika menyusui dengan dampak produksi hormon oksitosin tidak mengakibatkan kontraksi pada rahim. Walaupun kontraksi pada saat menyusui ini tidak bersiko keguguran terlalu tinggi namun lebih bicarakan dengan dokter kandungan.
  2. Ibu hamil yang menyusui bayi itu rentan terhadap penurunan asupan gizi bagi janin dan produksi asi yang minim sehingga moms sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin, mineral, karbohidrat dan protein.
Itulah penjelasan bahayakah menyusui saat hamil muda yang kami harap bunda mempertimbangkan pemberian ASI eksklusif sewaktu mengandung.

1 Response to "Bahayakah Menyusui Saat Hamil Muda ?"

  1. sebaiknya memang habiskan dulu jatah 2 tahun untuk menyusui bayi, baru kemudian hamil lagi.

    cara biar cepat hamil

    BalasHapus