Cara Melatih Bayi Dan Balita Hapal Alqur'an

Advertisement
Setiap umi muslimah tentu ingin tahu cara melatih bayi dan balita hapal Alqur'an karena anak sholeh yang hafidz kitab suci Islam merupakan kebanggaan tersendiri. Orang tua harus mengajarkan quran untuk anak-anak semenjak usia dini karena umur inilah mereka dapat menghapal dengan cepat.


Sebenarnya orang tua dan terutama khusus umi harus memulai melatih bayi hafal Al Qur’an sebelum mereka lahir atau masih berada di kandungan. Dan usia kandungan terbaik ialah janin berusia 3 bulan, inilah cara mendidik anak hafal al quran yang terbaik.


Cara mendidik bayi hapal al quran ialah bunda harus membaca kitab suci ini setiap kali ada kesempatan. Maka percayalah bahwa bayi di dalam perut pun ikut mendengarkannya. Banyak orang barat mengatakan bahwa musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan anak, maka al qur’an yang merupakan wahyu Ilahi merupakan suara yang terbaik untuk didengarkan semua makhluk.

Umi pun harus mendengarkan murottal Al Qur’an sebanyak mungkin untuk diri sendiri dan janin tercinta, supaya ketika bayi lahir dan tumbuh menjadi anak-anak maka dia sudah mempunyai kebiasaan mendengarkan dan menghafal Alquran. InsyaAllah cara mengajar anak hafal al quran ini dapat dilakukan dengan cepat.

Metode Dan Cara Menghafal Al Qur'an Untuk Bayi Dan Anak


Berikut ini adalah langkah-langkah cara anak cepat hafal al quran yag juga diterapkan pada bayi di bawah lima tahun yaitu :

1. Motivasi Menghafal AlQur’an
Pada pertamaorang tua atau bunda harus dapat memotivasi atau menyemangati balita atau anak-anak untuk belajar menghafal Al Quran. Semisal dengan memberikan beberapa pertanyaan retorika penyemangat semisal:

Siapa manusia yang dicintai oleh Allah SWT ? Anak yang hafal AlQur’an

Apabila ingin mendapatkan sebuah istana di surga maka kita harus ? Kita harus menghafal AlQur’an

2. Mendengarkan AlQur’an
Anak harus sering mendengarkan orang tuanya mengaji AlQur’an sehingga mereka dapat mengingat-ingat surat-surat kita suci ini baik yang panjang atau pendek.

3. Talaqqi Atau Membetulkan Membaca Al Qur’an
Benar jika bayi atai anak akan mendapati kesalahan banyak pada awal mengaji dan menghafal AlQur’an maka jika Anda menemukan kesalahan maka harus memperbaikinya dengan benar dan berulang kali dengan sabar dan telaten.

4. Tahfidz atau Menghafal Al Qur’an
Sebelum anak mulai menghafal beberapa surat al Qur’an maka mintalah supaya anak untuk mengulangi atau mengaji surat-surat yang dia ingat sehingga mempunyai tajwid dan tahsin yang benar.

5. Muroja'ah Atau Mengulangi Menghafal Ayat Quran
Langkah pengulangan merupakan tahapan paling sulit untuk memperoleh gelar Hafidh dan Hafidzhoh bagi anak-anak. Tanpa muroja’ah maka menghafal al qur’an sangat sulit dicapai. Murojaah paling baik ketika setelah selesai sholat terutama sholat Shubuh dan iringi selalu dengan berdoa kepada Allah.

Itulah cara melatih bayi dan balita hapal Alqur'an yang dapat segera diterapkan dan dilakukan oleh umi di rumah, selamat berjuang mendapatkan anak-anak yang Hafidh dan Hafidzhoh !

0 Response to "Cara Melatih Bayi Dan Balita Hapal Alqur'an "

Poskan Komentar