Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Saat Hamil

Advertisement
Akan lebih baik jika bunda tahu cara menyembuhkan gusi bengkak saat hamil yang kemungkinan besar akan dialami oleh mayoritas bumil. Dan jangan lupa bunda dengan masalah gigi dan gusi terus berkonsultasi dengan dokter kandungan dan gigi untuk mendapatkan penanganan yang benar dan baik.

Kami memahami perasaan bunda yang was-was ketika mendapat gusi bengkak saat hamil dengan pendarahan yang memang juga sering dialami oleh banyak bumil pada masa mengandung. Dan cukup penting bagi wanita mengandung untuk selalu peduli dalam merawat kebersihan mulut dan gusi sebelum dan pada masa kehamilan.

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Saat Hamil
Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Saat Hamil 
Ada sebuah jurnal hasil riset di Amerika 2008 yang memberitahukan bawah hampir 20 persen perempuan mengandung akan mendapati permasalahan gusi yakni gusi membengkak dengan warna kemerahan dan kebiruan. Pembengkakan gusi ibu hamil ini juga sering diiringi oleh pendarahan mendadak pada saat bunda sikat gigi di waktu pagi atau malam hari.

Peradangan gusi saat kehamilan yang biasa disebut gravidarum gingivitis merupakan masalah yang populer dialami oleh bunda hamil ketika pada usia 2 bulan atau 3 bulan, dan gejala gusi bengkak nanti akan lebih parah pada usia 3 bulan sampai dengan trimester 2 dan trimester 3 ketiga, dan kemungkinan besar bengkak gusi ibu hamil akan mereda ketika menginjak akhir masa kandungan atau 9 bulan.

Apa Saja Penyebab Gusi bengkak Saat Hamil ?


Walaupun populer dengan sebutan peradangan gusi saat hamil akan tetapi faktor penyebab utama ternyata bukanlah masa mengandung, penyebabnya adalah plak dan karang gigi sebagaimana yang dialami kebanyakan penderita gusi bengkak.

Namun pembengkakan gusi pada ibu hamil itu terasa lebih sensitif disebabkan adanya proses perubahan hormonal dalam diri bunda semisal sirkulasi darah yang fruktuatif. Jelas hal ini akan berdampak pada wanita hamil yang sebelumnya mendapati penyakit gusi bengkak.

Apabila wanita mengandung tidak mempunyai plak dan karang pada gigi maka kemungkinan gusi bengkak pada ibu hamil maka kemungkinannya sedikit sekali. Tetap saja harus menjaga kesehatan dan merawat kebersihan rongga mulutnya.

Benar adanya peradangan atau gusi bengkak ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan tetapi tetap saja bunda harus menjaga kesehatan mulut karena ada sebuah catatan penelitian Obsteric Gynecology 2010 yang menyatakan bahwa wanita mengandung dengan gusi yang terinfeksi maka janinnya bisa tertular via sirkulasi darah plasenta.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Saat Hamil

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Saat Hamil

Kami share cara mengatasi gusi bengkak saat hamil yang bisa dipahami dan diterapkan yaitu :
  1. Bunda yang mengalami gusi bengkak waktu hamil maka harus berkonsultasi dengan dokter kandungan dan terutama dokter gigi. Jangan mengerjakan tindakan berhubungan dengan gusi dan pada trimester pertama dan trimester kedua karena ditakutkan berdampak pada janin. Jika pada keadaan darurat pada bisa dilakukan tindakan pada gigi dan gusi pada trimester kedua.
  2. Bunda bisa mengerjakan jadwal waktu rontgen gigi apabila sangat diperlukan disebabkan ada radiasi tingkat kecil dan ingat daerah yang rontgen hanya pada giginya saja.
Itulah cara menyembuhkan gusi bengkak saat hamil yang dapat dikerjakan oleh bunda, semoga lekas sembuh ya umi !

0 Response to "Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Saat Hamil "

Poskan Komentar