Posisi Tidur Saat Hamil Yang Baik

Advertisement
Apakah bumil mempunyai posisi tidur saat hamil yang baik pada saat menjalani kehamilan ? Inilah pertanyaan yang harus dijawab bunda karena begitu pentinya posisi tidur bagi kesehatan ibu hamil. Apabila moms sudah mengetahui posisi tidur terbaik masa mengandung maka sebisanya untuk membiasakannya pada waktu tidur siang dan malam.

Apakah posisi tidur saat hamil yang baik ?

Banyak penelitian secara khusus yang membuktikan bahwa ibu hamil tidur miring ke kiri dapat memberikan manfaat bagi bayi moms karena dapat meningkatkan aliran darah. Dan aliran darah lancar ke janin maka gizi ke plasenta akan tercukupi dengan baik. 


Kenapa ibu hamil tidur miring ke kiri disarankan oleh binda dan dokter kandungan ?

Posisi tidur menyamping ke kiri ini secara efektif membantu kinerja ginjal sehingga organ tubuh ini secara efisien dapat menghilangkan produk limbah dan cairan racun dari tubuh bunda. Apabila kinerja ginjal dapat optimal maka dapat mengurangi pembengkakan yang sering terjadi pada tubuh ibu hamil pada area pergelangan kaki, kaki, dan tangan.

Moms harus segera melatih diri karena alasan ibu hamil tidur miring ke kiri adalah untuk kesehatan diri sendiri dan janin tercinta di rahim. Ide yang baik apabila bunda memulai melatih diri tidur menyamping ke kiri pada awal kehamilan (trimester pertama), sehingga sedapatnya bunda bisa tidur menyamping ke kiri meskipun pada awalnya tidak nyaman karena tidak terbiasa. Benar adanya jika posisi tidur ibu hamil tetap sepanjang malam tidak nyaman maka bunda bisa berbalik miring ke kanan dalam waktu yang sebentar dalam proses latihan.

Bahaya posisi tidur terlentang bagi ibu hamil

Adapun posisi tidur ibu hamil yang tidak baik adalah posisi terlentang dan terutama pada bulan-bulan memasuki trimester kedua dan trimester terakhir. Berikut ini alasannya kenapa posisi tidur terlentang berbahaya bagi kesehatan ibu mengandung yaitu :

Pada saat moms tidur telentang maka tekanan ada pada uterus yang terletak pada tulang belakang, otot punggung, pembuluh darah utama serta usus. Tentu hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami nyeri otot dan rasa sakit, wasir dan mengganggu sirkulasi darah yang juga akan berdampak pada sirkulasi darah ke bayi di rahim bunda.

Bahaya posisi tidur terlentang bagi ibu hamil lainnya ialah bisa menurunkan tekanan darah sehingga menyebabkan banyak ibu mengandung mengalami pusing. Sedangkan pada kasus tertentu malah membuat tekanan darah ibu hamil naik. Posisi tidur terlentang bagi ibu hamil juga akan menyebabkan moms mendengkur dan, peningkatan berat badan dan bisa menyebabkan sleep apnea.


Nah posisi tidur saat hamil yang baik adalah miring ke kiri sehingga bunda harus segera melakukannya setiap hari yach, dan jangan lupa berdoa sebelum tidur untuk kebaikan bumil dan bayi.

0 Response to "Posisi Tidur Saat Hamil Yang Baik"

Poskan Komentar