5 Jenis Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Advertisement
Beberapa jenis makanan disarankan untuk ibu hamil agar anak cerdas. Kecerdasaran anak dipengaruhi dengan pemenuhan kebutuhan mineral, vitamin, dan nutrisi. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah, daging dan jenis makanan lainnya. Ibu mengandung tidak perlu mengonsumsi semua jenis makanan, pilihlah makanan yang mengandung nutrisi tinggi, vitamin lengkap, dan mineral.

1. Telur


Telur, makanan yang sangat mudah dijumpai. Bagi calon bunda, telur sangat baik dikonsumsi. Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral. Selain itu telur mengandung protein yang tinggi dan sangat penting bagi kehamilan. Janin yang tumbuh membutuhkan protein begitu pula dengan ibu. Kandungan telur yang lain adalah cholin, sangat baik untuk perkembangan otak.

Ibu dapat mengonsumi 1-2 telur setiap harinya. Cara mengonsumsi telur lebih baik dikukus daripada digoreng. Sebab melalui proses penggorengan akan mengurangi kandungan baik di telur, pastikan juga telur yang dimasak benar-benar telah matang.

2. Salmon

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang memiliki protein sangat tinggi. Salmon juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Olahan salmon bermacam-macam, sushi misalnya. Ibu hamil bisa dengan mudah menemukan olahan salmon. Meskipun salmon baik untuk janin, namun harus dibatasi dalam mengonsumsinya.

3. Kacang-kacangan
Protein tinggi tidak hanya didapat dari hewan, terdapat pula protein nabati. Protein nabati berasal dari kacang-kacangan. Kacang hijau, memiliki kandungan protein tinggi. Selain untuk tumbuh kembang janin, mitosnya jika ibu hamil rutin mengonsumsi kacang hijau maka anaknya akan memiliki rambut tebal dan hitam.

4. Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau sangat baik untuk ibu hamil. Sayuran hijau yang mudah ditemui misalkan  bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Mengolah bayam bukanlah hal sulit, contoh sederhana memasaknya menjadi sayur bening. Ciri khas bayam adalah ketika sudah dimasak, bayam tidak boleh dipanaskan atau dihangatkan. Jika dihangatkan kandungan bayam akan menjadi buruk.

5. Buah-buahan

Masih kurang jika ibu hamil tidak mengonsumsi buah-buahan. Setiap buah mengandung vitamin yang berbeda. Tomat mengandung vitamin A, jeruk mengandung vit C dan lain-lain.

Semua makanan di atas tentunya tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan oleh ibu di rumah, sebaiknya juga mengatur pola makan agar kesehatan ibu hamil semakin terjaga. Bunda bisa saja memasak resep masakan yang memadukan sayuran, daging, dan buah dalam setiap kali makan. Menunya lebih baik diganti-ganti sehingga tidak mengalami kebosanan. Hindari juga makanan yang terlalu berminyak, terlalu pedas. Itulah tadi beberapa jenis makanan ibu hamil agar anak cerdas.

0 Response to "5 Jenis Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas"

Poskan Komentar