Cara Mengatasi Sesak Ibu Hamil Yang Alami

Advertisement
Beberapa ibu hamil merasakan sesak napas yang sangat menyiksa dirinya sehingga sulit untuk melakukan pekerjaan keseharian sehingga penting untuk memahami tips cara mengatasi ibu hamil sesak napas yang alami supaya tidak timbul masalah kehamilan yang lebih parah lagi dan bunda bisa mendapatkan ketenangan dalam mengobatinya.

Nah apakah gejala sesak napas ini dianggap normal ? Ya memang benar banyak wanita mengandung mengalami gejala ini sebagai akibat masa kehamilan mereka yang semakin bertambah, dari trimester kedua sampai ke trimester ketiga. Dan bahkan tidak sedikit bumil yang mengalami sesak napa di awal kehamilan (trimester pertama).

Para ahli kandungan menjelaskan bahwa ibu hamil membutuhkan lebih banyak oksigen pada saat hamil dan ketika tubuh bunda sedang pada tahap penyesuaian akan kebutuhan oksigen ini dengan beberapa metode semisal ritme pernapasan semakin cepat.




Apa Penyebab Ibu Hamil Sesak Napas ?


Ibu hamil mengalami peningkatan hormon terutama produksi progesteron yang langsung menimbulkan ransangan pada organ paru-paru yang berimbas pada kontrol pernapasan di otak ladies. Dan diketahui bahwa jumlah napas manusia pada umumnya tidak begitu banyak dalam satu menit apalagi selama kehamilan dengan perut yang membuncit membuat jumlah hirupan dan hembusan napas semakin sedikit.

Dan khusus bagi ibu hamil, pertumbuhan janin dalam rahim yang semakin membesar memberikan tekanan pada diafragma bumil yang berakibat pada sistem pernapasan yang bekerja lebih keras lagi, apalagi bobot atau ukuran bayi yang besar dan jumlah cairan ketuban yang banyak.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Ibu Hamil Sesak Nafas ?


Pertama, perlu dipahami bahwa perasaan atau gejala sesak napas saat kehamilan ini sebenarnya tidak berbahaya dan dianggap normal oleh ahli kesehatan ibu hamil. Namun disarankan bagi wanita mengandung supaya untuk melakukan aktifitas lebih ringan lagi dan tidak memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras dan aktif.

Kedua, tips cara mengatasi ibu hamil sesak napas ialah mengambil duduk tegak dan menjaga bahu pada posisi yang rileks, hal ini akan menciptakan ruang bebas bagi paru-paru untuk bernapas lebih baik lagi. Dan pada waktu malam hari maka bumil bisa tidur dengan beberapa bantal yang ditempat di bawah punggung.

Ketiga, cara menghilangkan sesak pada ibu hamil selanjutnya ialah mengkonsumsi makanan dengan gizi yang tinggi karena tubuh bunda memerlukan nutrisi untuk sembuh.

Jangan khawatir ketika ibu hamil sudah melahirkan maka tidak ada lagi sesak napas yang dirasakan oleh bunda.

Gejala Sesak Napas Ibu Hamil Yang Serius


Apabila bunda sebelum hamil mempunyai penyakit pernapasan semisal asma atau pneumonia maka kemungkinan penyakit ini akan lebih parah saat hamil meskipun sudah menerapkan tips mengobati sesak napas yang alami. Apabila ibu hamil merasakan beberapa gejala sesak napas serius seperti maka cara mengatasi ibu hamil sesak napas jenis ini harap segera di bawa ke RS yaitu :
  1. Asma yang semakin memburuk
  2. Napas sangat cepat
  3. Denyut nadi yang sangat cepat, jantung berdebar-debar atau bahkan pingsan
  4. Nyeri pada bagian dada atau sakit saat ibu hamil bernapas
  5. Ada warna kebiruan pada daerah sekitar bibir, jari atau kaki dan wajah bumil nampak pucat
  6. Perasaan takut karena tidak mendapatkan cukup oksigen
  7. Batuk yang terus-menerus disertai dengan demam atau badan menggigil atau bahkan batuk disertai darah.
Itulah tips cara mengatasi sesak ibu hamil yang alami dan cepat pengaruhnya yang bisa dikerjakan sediri di rumah, semoga kandungan bunda sehat ya !

0 Response to "Cara Mengatasi Sesak Ibu Hamil Yang Alami "

Poskan Komentar