Tips Memilih Jamu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Advertisement
Jamu atau biasa disebut minuman herbal, merupakan minuman tradisional khas Indonesia memiliki banyak macam, termasuk variasi jamu untuk ibu hamil dan menyusui. Minuman warisan nenek moyang kita ini berasal dari tumbuh-tumbuhan atau rempah-rempah asli Nusantara. Racikan jamu pun sangat beragam bergantung pada pembuat dan khasiat.

Memilih Jamu Yang Tepat


Perkembangan janin dalam kandungan sangat bergantung dengan kondisi ibu. Asupan makanan, pola istirahat, aktifitas, dan kondisi batin ibu merupakan faktor yang menentukan perkembangan janin. Apapun yang dimakan oleh ibu otomatis pula masuk ke dalam tubuh janin.

Dalam mengonsumsi makanan, nutrisi, atau jamu ibu hamil tidak boleh sembarangan. Khususnya jamu, banyak sekali bermunculan jamu kemasan yang menawarkan khasiat untuk kesehatan janin. Berikut adalah tips memilih jamu untuk ibu hamil dan menyusui:

1. Buatlah jamu dengan bahan alami tanpa bahan kimia.

Membuat sendiri jamu yang Anda konsumsi lebih baik daripada membeli jamu kemasan. Anda bisa secara langsung memilih bahan pembuat jamu. Sekaligus mengetahui prosesnya untuk memastikan kebersihannya.

2.  Pilihlah bahan terbaik untuk meracik jamu.

Bahan yang berkualitas baik tentu menghasilkan jamu dengan khasiat baik. Lebih baik jika Anda menanam sendiri bahan dasar pembuat jamu. Menanamnya pun tidak sulit, Anda bisa memulai menanam toga (tanaman obat keluarga) yang mungkin beberapa diantaranya bisa Anda gunakan untuk membuat jamu.

3.   Jika membeli jamu kemasan , pilihlah jamu dari pabrik yang terpercaya.

Kebanyakan orang sekarang memilih sesuatu yang instan. Sampai-sampai jamu pun lebih memilih jamu kemasan. Jamu kemasan memang terlihat lebih praktis daripada racikan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membeli jamu kemasan. Pilihlah jamu dari pabrik yang sudah terpercaya dan ternama.

4.       Pilihlah jamu dengan kandungan yang aman untuk janin.
Setelah menemukan jamu dengan merk terkemuka, cek juga kandungan. Agar Anda tidak salah memilih jamu teliti kandungan dan khasiatnya. Jika Anda tidak terlalu memahami kandungan dan manfaatnya, sebaiknya tanyakan pada yang ahli atau orang terdekat yang mengerti.

5.   Konsumsilah jamu sesuai aturan, jangan sampai berlebih.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mengonsumsi jamu. Ketahuilah aturan konsumsinya dengan baik agar mendapatkan khasiat yang diinginkan. Pilihlah dengan baik apapun yang ada makan. Sudah tentu Anda yang sedang hamil atau menyusui menginginkan yang terbaik untuk anak.

Selagi ada waktu luang, Anda dapat memanfaatkannya berlatih meracik sendiri jamu untuk ibu hamil dan menyusui rumah dan semoga menyenangkan!

0 Response to "Tips Memilih Jamu untuk Ibu Hamil dan Menyusui"

Poskan Komentar