Waspada, Mitos Penyebab Tidak Bisa Hamil Pada Wanita

Advertisement
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tidak bisa hamil pada wanita. Masyarakat kita cenderung menganggap jika wanita tidak bisa hamil karena dia mandul. Kehamilan, sesuatu yang sangat diidamkan bagi pasangan suami istri. Utamanya bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Memiliki momongan sekaligus generasi penerus merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan serta keluarga.


Jika dalam kondisi normal, pasangan baru akan mendapatkan kehamilan dalam waktu kurang dari 6 bulan. Kehamilan ini akan didapatkan jika pasangan suami istri tidak merencanakan menunda mendapatkan momongan. Namun banyak juga wanita yang susah hamil. Penyebabnya pun sangat beragam, ada penyebab secara medis dan juga mitos.

Mitos Susah Hamil Pada Wanita


* Obesitas

Obesitas atau kegemukan identik dengan tidak sehat. Pernyataan ini bukan tidak beralasan. Jika seseorang memiliki berat badan sangat berlebih dari normal berarti banyak timbunan lemak di tubuhnya. Lemak ini akan menghambat atau mengurangi kinerja organ dalam tubuh. Selain menimbulkan penyakit, seseorang yang mengalami obesitas akan cenderung lebih susah dan mudah lelah dalam beraktifitas.

Bukan hanya menyebabkan obesitas, mitos bahwa perempuan gemuk akan susah hamil. Mitos ini berkembang sebab kebanyakan wanita dengan tubuh proporsional lebih cepat hamil. Namun hal ini juga belum terbukti secara medis. Sebab berat badan tidak mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

* Haid Tidak Teratur

Wanita yang sudah mendapatkan menstruasi atau haid berarti secara fisik sudah siap untuk memiliki anak. Sebab setiap bulan tubuhnya sudah memproduksi sel telur yang siap dibuahi. Menstruasi adalah proses keluarnya (luruhnya) ovum yang tidak dibuahi.
Bagi wanita siklus menstuasi adalah hal yang sangat sensitive. Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur. Normalnya siklus haid wanita 26-28 hari. Namun ada wanita yang hanya mendapatkan menstruasi setiap 6 bulan sekali. Mitosnya wanita yang tidak teratur haidnya akan susah mendapatkan ketururan. Mitos ini sangat beralasan, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita haid tidak teratur dapat hamil.

* Sperma encer

Wanita bisa hamil jika ovum dibuahi oleh sperma. Kondisi fisik dan kesuburan suami juga menentukan kehamilan pada wanita. Mitosnya sperma yang encer menjadi salah satu penyebab wanita tidak bisa hamil. Sperma encer bisa mempelambat dan menurunkan kualitas sperma sehingga sulit untuk membuahi sel telur wanita.

Itulah beberapa mitos penyebab tidak bisa hamil pada wanita. Namun bagi Anda yang belum mendapatkan momongan lebih baik segera cek ke dokter dan tetap berusaha serta berdoa. Sebab anak adalah titipan Tuhan.

0 Response to "Waspada, Mitos Penyebab Tidak Bisa Hamil Pada Wanita"

Poskan Komentar