Bahaya Dampak Stres Pada Ibu Hamil Muda

Advertisement
Sering kali bidan ditanya apakah bahaya dampak stres pada ibu hamil muda ? Maka yang pertama harus dipahami adalah bumil yang stres tetap mempunyai janin yang sehat dan lahir dengan baik, tanamkan keyakinan ini supaya Anda menjadi lebih tenang dan tegar.

Kemudian perasaan stres pada perempuan mengadung itu adalah hal yang normal atau sering kali dialami oleh masyarakat, apalagi pada kehidupan yang serba sulit saat ini dan lebih khususnya bidang ekonomi yang memburuk pada belakangan ini.

Bahaya Dampak Stres Pada Ibu Hamil Muda
Bahaya Dampak Stres Pada Ibu Hamil Muda 

Apakah Dampak Stres Pada Ibu Hamil Muda ?


Akan tetapi jika ibu hamil sedang stres dan kian hari perasaan cemas dan takut bertambah maka segara datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan diagnosis dan penangan medis yang tepat. Dan parahnya apabila stres itu terjadi terus menerus, maka tingkat ketakutan dan kecemasan yang terlau tinggi ternyata dapat mempengaruhi kesehatan emosional bayi bunda.

Bahaya stres pada ibu hamil muda itu disebabkan hormon stres kortisol bisa melewati plasenta yang selanjutnya mempengaruhi blok bangunan perkembangan emosional bayi sehingga lebih rentan mendapatkan perasaan yang sama dengan ibunya.

Benar adanya bahwa banyak faktor yang kompleks yang akan mempengaruhi tingkat kecerdasan atau kemampuan bayi bunda sesudah mereka lahir dan belajar di dunia. Tapi masuk akal juga ada ahli kandungan yang yang menyarankan supaya ibu hamil mengatasi stres seketika merasakan stres pada kehamilan.

Bagaimana Jika Perasaan Stres Ibu Hamil Itu Sulit Diatasi ?




Apabila level stres ibu hamil sudah pada titik puncak dimana bunda sudah sangat sulit untuk mendapatkan rasa tenang dan damai karena depresi kemudian mencoba mengatasinya sendiri merasa kewalahan, maka segera konsultasi kepada bidan atau dokter kandungan. Kebanyakan wanita hamil yang sudah mengalami depresi maka mereka sangat sulit untuk mengatasinya.

Apabila bidan dan dokter kandungan menyarankan resep obat untuk depresi karena dampak stres bagi ibu hamil dikhawatirkan, maka segera tanyakan apakah obat itu tidak mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Anda juga dapat datang kepada psikoterapis untuk mendapatkan tips dan cara mengatasi ibu hamil yang stres dengan mudah dan cepat.

Kami sendiri mengajurkan kepada ibu hamil muslimah untuk bertaqarrub (mendekat) kepada Ilahi untuk mendapatkan ketenangan hati dengan cara mengaji dan memahami AL Qur’an, berdzikir dan berdoa. Ibu hamil juga dapat melakukan kebaikan lain yang bisa membuat hatinya terhindar dari stres semisal silahturahim kepada keluarga atau tetangga untuk mendapatkan banyak kebaikan, bersedekah kepada orang yang membutuhkan dan amalan mulia lainnya dalam Islam.

Nah itulah bahaya dampak stres pada ibu hamil muda yang perlu dipahami, sehingga semula dari sekarang marilah kita menghilangkan perasaan takut dan cemas dengan cara yang kami sampaikan di atas.

0 Response to "Bahaya Dampak Stres Pada Ibu Hamil Muda"

Poskan Komentar