Cara ASI Eksklusif Ibu Bekerja Supaya Rutin dan Ringan

Advertisement
Kali ini kita membahas tentang cara asi eksklusif ibu bekerja. Semua ibu menginingkan memberikan asi ekslusif untuk anaknya. Asi yang merupakan singkatan air susu ibu, adalah susu yang diproduksi dari tubuh ibu ketika melahirkan seorang anak.

wanita karir menyusui asi eksklusif

Apakah ASI Eksklusif Itu?

Asi eksklusif adalah asi yang diberikan secara eksklusif diberikan kepada bayi selama 6 bulan. Asi diberikan dari usia 0-6 bulan. Ketika memberikan asi eksklusif, anak tidak mengonsumsi asupan makanan apapun selain asi. Untuk bayi baru lahir mengonsumsi asi saja sangat cukup. Kandungan dari asi lebih dari cukup dari makanan atau susu formula. Asi memiliki kandungan yang sangat lengkap. Kandungan tersebut berfungsi selain sebagai makanan, juga untuk memberikan manfaat mencegah anak mudah sakit.

Kendala Memberikan ASI Ekslusif Ibu bekerja?

• Anak tidak mau meminum asi

Ibu baru melahirkan banyak yang mengeluhkan anaknya tidak mau meminum asi. Bayi tidak mau meminum asi biasanya karena ibu tidak langsung memberikan asi, atau terlambat. Terkadang pihak rumah sakit memberikan susu formula sebagai makanan pertama untuk anak. Berhubung susu formula memiliki rasa yang lebih enak cenderung manis anak akan susah berpindah ke asi. Asi memiliki rasa yang cenderung asin.

• Ibu sibuk bekerja

Ketika seorang ibu bekerja misalkan di perusahaan maka ada batasan cuti. Cuti melahirkan akan diberikan selama 3 bulan sebelum dan sesudah melahirkan. Asi eksklusif yang seharusnya diberikan selama 6 bulan tidak bisa diberikan ke anak.

• Asi tidak keluar

Ada beberapa ibu yang menghadapi kendala saat si dede bayi terlahirkan namun asi tak kunjung keluar. Beberapa faktor yang menyebabkan asi tidak keluar. Keadaan fisik atau faktor hormon dapat menjadi salah satu penyebab. Kondisi psikis juga sangat mempengaruhi, ibu tidak boleh stress, ibu sebaiknya menjaga mood agar selalu bahagia. Faktor makanan ibu juga mempengaruhi lancar atau tidaknya asi.

Cara Memberi ASI Eksklusif Ibu Bekerja

Untuk Anda ibu bekerja yang ingin memberikan asi eksklusif ada beberapa hal yang bisa dilakukan. ibu bekerja masih memiliki kesempatan untuk memberikan perhatiannya secara utuh saat cuti. Manfaatkan dengan baik cuti hamil (rata-rata 3 bulan) untuk memberikan asi eksklusif. Berarti Anda sudah memberikan setengah dari jangka waktu asi eksklusif.

Untuk selanjutnya Anda bisa melakukan cara ini:

  • Memompa Asi
  • Masukkan kedalam botol (kaca jangan plastik)
  • Berikan tanggal pengambilan asi
  • Masukkan ke dalam freezer lemari es
  • Pada freezer jangan campur dengan makanan lain 
  • Jika ingin memberikan asi ini, diamkan pada suhu normal kemudian panaskan.
  • Berikan kepada anak dengan memilih asi dengan tanggal yang paling lama

0 Response to "Cara ASI Eksklusif Ibu Bekerja Supaya Rutin dan Ringan"

Poskan Komentar