Cara Mencegah Hamil Sakit Pinggang dan Punggung

Advertisement
Hamil sakit pinggang dan punggung? Kedua hal ini sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Sakit atau nyeri pada pinggang dan punggung biasanya terjadi sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan. Bertambahnya usia kehamilan berarti bertambah besar pula ukuran janin. Janin yang besar memberikan tekanan yang lebih besar pada punggung. Ibu hamil akan merasakan sakit saat beraktivitas seperti berjalan, berdiri, duduk lama, atau aktifitas yang lainnya. Hampir semua wanita hamil mengalami hal ini. Sakit pinggang dan punggung adalah hal yang wajar.
Gambar ibu hamil sakit pinggang, kredit gambar: flickr.com

Pencegah rasa sakit pinggang dan punggung

Semua hal bisa dicegah atau setidaknya dikurangi termasuk sakit pinggang dan punggung pada ibu hamil. Ibu hamil bisa melakukan beberapa hal diantaranya:

· Rajinlah melakukan olahraga yang berguna melatih otot-otot punggung, pinggang, dan perut. Lakukan gerakan secara rutin dan dibawah pengawasan ahli. Olahraga ini bisa senam maupun renang.

· Posisi duduk yang tegak dan tidak membungkuk. Posisi duduk yang membungkung akan menekan ke tulang belakang. Dan posisi ini akan menyebabkan sirkulasi darah dan pernafasan kurang baik.

·Jangan hanya diam dan tidur ketika hamil. ibu hamil membutuhkan banyak gerak. Gerak tidak perlu yang berat, cukup berjalan setiap beberapa jam sekali.

· Pakailah pakaian yang nyaman alias tidak ketat. Pakaian ketat akan memberikan rasa tidak nyaman dan semakin membuat ibu hamil merasa sesak.

· Atur posisi tidur yang tepat. Ibu hamil tidak bisa tidur dengan posisi sembarangan. Untuk usia kehamilan yang besar ibu hanya akan bisa diposisi menyamping atau terkentang. Posisi tidur menghadap samping lebih disarankan. Dengan posisi seperti ini punggung tidak tertekan. Berikan ganjalan bantal di bawah perut agar Anda merasa lebih nyaman saat beristirahat.

· Berhati-hatilah saat mengambil atau mengangkat barang. Normalnya kita akan membungkuk saat mengambil atau mengangkat barang. Berbeda dengan ibu hamil, jangan lagi membungkuk saat mengambil barang. Jongkoklah, tekuk kedua kaki Anda, berpeganganlah pada kursi atau benda lain dan ambilah atau angkatlah. Sebaiknya  ibu hamil tidak mengangkat barang terlalu berat karena bisa membahayakan janin.

· Oleskan obat gosok. Obat gosok dapat memberikan efek panas dan hangat pada punggung. Punggung yang merasa tegang bisa sedikit berkurang rasa sakitnya dengan obat gosok. Bisa juga dilakukan pemijatan. Pemijatan sebelum melahirkan sangat disarankan untuk mengurangi stress pada otot-otot. Waktu atau momen hamil sakit pinggang dan punggung akan berkurang parca melahirkan.

Itu tadi cara mengatasi sakit pinggang dan punggung bagi para ummi di rumah, semoga sakitnya segera teratasi ya.

0 Response to "Cara Mencegah Hamil Sakit Pinggang dan Punggung"

Poskan Komentar