4 Alasan Mengapa Bayi Muntah Selepas Menyusu

Advertisement
Orang tua yang baru mempunyai anak kadang khawatir mengapa bayi muntah setelah menyusu? Atau mengapa bayi menangis? dan pertanyaan lain tentang kebiasaan bayi. Bayi yang baru lahir sangat disarankan meminum air susu ibu, jika tidak bisa diganti dengan susu formula. Susu merupakan makanan utama yang bisa dikonsumsi bayi usia 1-6 bulan. Asupan gizi dan nutrisi dibutuhkan bayi untuk tahap perkembangannya. Semua itu dapat terpenuhi dengan mengonsumsi ASI atau susu formula.

Bayi terkadang muntah setelah menyusu? Apakah itu hal yang wajar? Hal tersebut tentu menjadi satu kekhawatiran tersendiri untuk orang tua. Orang tua perlu mengenali sebab-sebab bayi muntah. Tidak perlu cemas atau khawatir berlebih karena muntah setelah menyusu umum terjadi pada bayi. Ada beberapa sebab bayi muntah selepas menyusu, antara lain

Alasan Mengapa Bayi Muntah Selepas Menyusu



1. Posisi menyusu

Posisi ketika bayi menyusu perlu diperhatikan. Posisi ibu menyusui yang baik adalah kepala bayi lebih tinggi daripada perutnya. Ibu sebaiknya memegangi bagian kepala dan menyandarkan tubuh bayi di gendongannnya. Dengan posisi kepala yang lebih tinggi saat menyusu akan melancarkan susu turun ke lambung. Jika posisi kepala terlalu rendah maka ada kemungkinan bayi akan muntah.

2. Jumlah susu terlalu banyak

Alasan kedua adalah jumlah susu yang diminum bayi. Jumlah susu yang terlalu banyak bisa pula menjadi  penyebab bayi muntah sesudah menyusu. Maka sebagai ibu yang menyusui sebaiknya mengontrol dan menghentikan bayi menyusu jika sudah dirasa cukup.

Jika bayi mengonsumsi susu formula pilihlah kandungan yang tepat pada susu. Tidak semua susu formula yang beredar baik dan cocok untuk bayi. Kandungan yang tidak diterima atau tidak cocok bisa menyebabkan bayi muntah saat meminum susu.



3. Tersedak
Saat menyusu perhatikan posisi dan cara bayi menyusu. Jika cara atau posisi bayi salah bisa menjadi penyebab bayi muntas setelah menyusu karena tersedak. Bukan hanya posisi bayi, namun posisi kita menentukan. Lebih baik menyusui dalam posisi duduk bukan berdiri. Dengan posisi duduk ibu akan mudah menyusui dan menggendong bayi.

4. Sebab ada gangguan atau penyakit
Alasan terakhir kenapa bayi muntah pada saat menyusu adalah adanya gangguan atau penyakit pada bayi. Sebaiknya segera periksakan ke dokter jika bayi sering atau selalu muntah ketika menyusu. Bisa saja bayi sedang mengalami gangguan pencernaan atau penyakit tertentu. Segera temukan alasan mengapa bayi muntah setelah menyusu agar bisa menemukan solusi yang terbaik.

0 Response to "4 Alasan Mengapa Bayi Muntah Selepas Menyusu"

Poskan Komentar