5 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Pada Ibu Hamil

Advertisement
Bumil akan merasakan perasaan bahagia bercampur was-was ketika kandungan saat 6 bulan, 7 bulan dan 8 bulan. Salah satu yang mengkhawatirkan bagi wanita mengandung adalah bayi mengalami sungsang, maka supaya Anda dapat memperbaiki atau merubah posisi buah maka perlu paham sejak dini tentang cara mengatasi bayi sungsang pada ibu hamil yang aman dan tanpa operasi.

Bumil yang telah memasuki kehamilan trimester 3 tentu ingin bayi di kandungan menjadi sehat dan pintar, serta ibu hamil ingin melahirkan dengan proses yang mudah dan cepat. Kita kaget ! ketika dokter kandungan atau bidan memberitahukan bahwa bayi sungsang padahal sudah mendekati masa persalinan. Sungsang adalah posisi janin yang masih belum berada di tempatnya ketika kehamilan tua.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang Pada Ibu Hamil

Ibu mengandung perlu tahu bahwa jani di kandungan itu setiap hari bergelut dan bermain dengan air ketuban dan buah hati bisa bergerak kemana-mana sehingga kepalanya pun muter-muter ke semua area kandungan. Bisa jadi bumil ketika USG diketahui buah hati sungsang padahal dia sedang aktif bergerak, sehingga ibu hamil diharapkan jangan terlalu khawatir atau cemas karena ibu mengandung bisa memutar posisi kepala janin.

Apabila dokter kandungan mengatakan bayi sungsang saat 7 bulan, 8 bulan atau 9 bulan bukan berarti solusinya satu yaitu operasi caesar yang terkadang ada pengalaman sakit dan lainnya. Perlu dipahami ada cara mengatasi bayi sungsang pada ibu hamil dengan aman dan tanpa operasi.

Ibu hamil dengan bayi sungsang atau posisi kepala janin masih berada di atas itu besar kemungkinan akan dioperasi apabila bumil sudah bukaan 3 atau lebih. Apabila kandungan belum bukaan maka besar kemungkinan bisa diterapkan cara memperbaiki bayi sungsang pada ibu hamil di dalam rahim supaya kepala pada posisi normal atau di bawah.

Cara mengatasi bayi sungsang umur 7 dan 8 bulan

Kami share beberapa tips mengubah bayi sungsang pada ibu hamil supaya posisi janin kembali normal yaitu :

1. Cara menormalkan posisi bayi sungsang yang pertama cobalah moms untuk mengerjakan relaksasi hypnobirthing yaitu dengan cara berkomunikasi dengan buah hati Anda, teruslah berbicara dengannya agar dia mau memutar posisi kepala ke bawah (vertex), dan juga Anda harus mempunyai visualisasi, harapan dan disertai doa ikhlas kepada Allah SWT supaya kepala bayi berputar ke arah bawah dan dia bergerak turun masuk pada panggul.

2. Cobalah wanita hamil berenang untuk memperbaiki bayi sungsang karena gerakan renang bakal membuat tubuh menjadi rileks dan panggul terasa longgar dan inilah cara memperbaiki bayi sunggsang yang menyenangkan.

3. Cara mengatasi bayi sungsang bagi ibu hamil berikutnya lakukan gerakan yoga headstand, namun ibu hamil harus disertai oleh seorang ahli dan dilarang bagi penderita anemia maupun tekanan darah tinggi. Posisi yoga headstand akan merangsang bayi posisi sungsang kembali normal.

4. Kerjakan posisi knee chest yaitu tubuh dalam keadaan sujud, kaki dan lutut di jajarkan dengan pinggul dan dada pada saat kehamilan 32, 33, 34 dan 35 minggu atau 6 bulan - 8 bulan. Kerjakan posisi knee chest ini paling tidak 2-3 kali perhari dengan durasi 9-16 menit. Bumil untuk posisi ini harus dalam perut kosong dan janin diketahui bergerak aktif.

5. Cobalah untuk memutar murottal atau mengaji Al Qur’an dengan meletakkan headphone di perut bagian bawah dan kerjakan hal ini sesering mungkin dalam sehari diiringi dengan doa. Cara mengatasi bayi sungsang ini bisa diselingi juga dengan menyinari perut ibu hamil menggunakan lampu senter, dengan gerakan turun dari atas perut ke posisi bawa perut, lebih baik dikerjakan pada posisi miring dan rileks.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar