7 Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Advertisement
Bunda yang merasakan nikmat dengan kandungan yang diperoleh harus bisa menjaga diri dari serangan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering kali menyerang ibu hamil, maka perlu pengetahuan penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang alami dan aman, karena penyakit ini bisa membayakan kesehatan moms dan buah hati.

Perlu Anda ketahui tekanan darah tinggi atau hipertensi itu adalah proses peningkatan tekanan darah dalam tubuh akibat pompa jantung yang semakin tinggi, apabila tekanan darah tinggi sudah parah bisa membuat kerusakan pada dinding arteri pembuluh darah. Sebelum kita bahas cara atasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil dengan alami dan aman, yuk kita ketahui penyebab dan dampak hipertensi bagi bumil :

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil


Penyebab Darah Tinggi Pada Ibu Hamil
Ibu mengandung disebut sebagai penderita tekanan darah tinggi apabila tekanan darah lebih dari 140/90 mmHG, yakni 140 mmHg tekanan sistolik dan 90 mmHg tekanan diastolik. Ibu hamil hipertensi ternyata lebih banyak diderita bunda dengan usia 20 tahun ke bawah dan bunda dengan usia 40 ke atas, wanita hamil bayi kembar, dan juga moms yang mendapat kehamilan pertama kali.

Tahukah Anda bahwa ada 2 penyebab tekanan darah tinggi yakni (1) Hipertensi primer (essensial) yang diakibatkan oleh penyebab yang belum jelas secara medis. (2) Hipertensi sekunder yang disebabkan adanya masalah pada organ jantung, ginjal, arteri dan sistem endoktrin.

Ibu hamil dengan tekanan darah tinggi itu termasuk kasus yang sering terjadi di masayrakat dengan prosesntasi 8-10% dari kehamilan. Ibu mengandung yang mendapati hipertensi pada umumnya mempunyai hipertensi primer sebelum kehamilan, bisa juga karena hipertensi sekunder tetapi kemungkinan lebih kecil.

Dampak mengerikan atau bahaya tekanan darah tinggi saat hamil ialah tanda awal pre-eklampsia yakni kondisi serius yang sering dialami bumil pada trimester 2 dan trimester 3 kehamilan dan juga kondisi serius pada beberapa minggu pasca persalinan. Preeklampsia yang menyerang ibu hamil itu mempunyai prosentasi 5% dari kehamilan dan juga menjadi kondisi kematian bumil secara umum sebesar 16%.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Kami share buat bumil tips mengatasi tekanan darah tinggi untuk ibu hamil secara alami dan aman bagi kesehatan yaitu :

1. Konsumsi Makanan Penurun Tekanan Darah

Tips menurunkan hipertensi pada ibu hamil yang paling cepat ialah dengan mengkonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi yaitu buah belimbing dan mentimun, cara paling mudah dan cepat ialah dengan membuat minuman jus belimbing dan mentimun untuk diminum setiap hari. Ingat ya, kontrol tekanan darah jangan sampai terlalu rendah.

2. Minuman Ramuan Obat Tradisional

Ibu hamil minum ramuan obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi dari segelas air hangat matang dicampur dengan 1 sendok madu + 1 sendok jahe + 1 sdt bubuk jinten. Minum obat ramuan herbal ini setidaknya 2 kali per hari untuk mengobati hipertensi.

3. Bawang Putih

Wanita hamil apabila tidak mual bisa mengkonsumsi satu siung bawang putih segar 2 kali sehari saat pagi dan petang hari yang berkhasiat meredakan hipertensi.

4. Minyak Ikan

Anda pun tahu bahw konsumsi minyak ikan secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena minyak ikan mempunyai kandungan DHA dan EPA yang merupakan senyawa dengan manfaat meredakan hipertensi pada bumil.

5. Gandum

Ibu hamil makan gandum setiap hari sebagai makanan utama dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi.

6. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Garam

7. Hindari Stres

Jangan terlalu banyak tekanan dan stres karena hal ini akan memicu naiknya tekanan darah. Cara mengatasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil yaitu cobalah untuk mendekat kepada Ilahi dalam menghilangkan stres semisal ibadah lebih baik, dzikir, mengaji Al Qur’an dan lainnya.

1 Response to "7 Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil"