Bolehkah Ibu Hamil Berenang di Pantai Berombak?

Advertisement
Pernahkah Anda mendengar pertanyaan bolehkah ibu hamil berenang di pantai ? Berenang adalah salah satu olahraga yang paling disarankan untuk wanita mengandung. Manfaat berenang adalah untuk melatih otot-otot kewanitaan, menjaga kebugaran ibu dan juga memperkuat jantung ibu dan janin. Suhu badan ketika berenang tidak akan meningkat seperti ketika mamelakukan olahraga lainnya. Walaupun manfaatnya sangat besar dan gerakannya juga tidak mudah namun ibu hamil tidak akan merasa panas atau gerah berlebih. Justru sebaliknya dengan berenang ibu hamil bisa merasakan rileks dan tenang. Berenang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tempat yang nyaman untuk berenang adalah di kolam renang, bukan tidak mungkin ibu mengandung berenang di pantai.

Kegiatan berenang di pantai untuk ibu hamil memang asyik dan mengasyikkan untuk mendapatkan keceriaan dan sebagai penghilan tekanan selama kehamilan. Apakah aman ibu mengandung berenang di pantai ? Yuk kita ulas pada kesempatan ini mengenai boleh tidak dan tips aman -nya.

Bolehkah Ibu Hamil Berenang di Pantai ?


Bolehkah Ibu Hamil Berenang di Pantai Berombak?


Pantai bisa menjadi pilihan tempat berenang yang nyaman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika bumil ingin berenang di pantai. Untuk menjawab pertanyaan boleh tidak ibu hamil berenang di pantai berombak, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

1. Periksa kesehatan ibu dan janin

Apapun jenis olahraga yang akan dilakukan ibu mengandung, selalu periksakan dan konsultasikan kesehatan. Ibu mengandung sebaiknya kesehatan dan perkembangan janin secara rutin ke dokter kandungan. Dalam memilih olahraga yang akan dilakukan sebaiknya lakukan konsultasi, sebab Anda akan mendapatkan masukan dan penjelasan kondisi kesehatan ibu dan janin, inilah tips ibu hamil berenang di pantai yang aman dan menyenangkan.



2. Pilihlah lokasi berenang

Jika ingin berenang periksa dan pastikan tempat berenang yang aman. Jangan berenang di dalam kolam yang terlalu dalam. Jika Anda tidak bisa berenang lebih baik pilihlah kolam yang kedalamannya tidak lebih dari dada. Selain kedalaman pada kolam pastikan juga keamanan kolam.

3. Pastikan kondisi pantai

Jika Anda bosan berenang di kolam renang, Anda bisa mencoba berenang di pantai. Namun jangan salah memilih pantai. Pilihlah pantai yang tidak terlalu berombak. Ombak yang besar bisa membahayakan orang yang berenang apalagi ibu hamil.

Selain itu pastikan pula Anda tidak sendirian, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan ibu dan janin. Ajaklah suami ketika berenang di pantai, ini akan menjadi momen indah sekaligus memberikan rasa aman untuk ibu hamil.

4. Gunakan pengaman

Selalu gunakan pengaman ketika berenang di pantai. Pengaman yang wajib adalah pelampung, ini menghindari kemungkinan Anda tenggelam dan bahaya lainnya. Selain itu pelampung juga berfungsi untuk menopang berat Anda agar tetap seimbang.

Dari beberapa paparan di atas Anda bisa menjawab sendiri pertanyaan bolehkan ibu hamil berenang di pantai. Semua itu kembali lagi pada Anda dan pastinya keamanan adalah yang utama.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Berenang di Pantai Berombak?"

Poskan Komentar